Luka Jahitan setelah melahirkan lepas dan luka masih basah

CL Info Penanya: CL, Wanita, 2019 Tahun
selamat siang dok, dok saya mau tanya, kakak saya baru melahirkan dengan normal, baru 6 hari sekarang jahitan nya udah lepas semua padahal luka nya masih basah apakah itu berbahaya bagaimana pendapat dokter? dan selain itu saya mau tanya obat yg bagus agar luka jahitannya cepat kering apa ya dok? terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Ca

Terimakasih telah bertanya di SehatQ. 

Jahitan pasca melahirkan normal sangat umum terjadi. Biasanya jahitan bersifat minor, dan pasien dibius lokal saat dilakukan penjahitan. Jahitan ada yang perlu dibuka, tapi ada juga yang tidak perlu dibuka karena diserap oleh tubuh seiring robekan sembuh, hal itu tergantung dari jenis benang jahitan yang digunakan.

Luka jahitan pada umumnya mengering dan sembuh dalam waktu 7-15 hari, namun pada kondisi tertentu bisa lebih lama, tergantung dari kondisi luka jahitannya dan faktor lain yang memengaruhi luka jahit. Jika kedua sisi yang ditautkan belum melekat / masih terpisah tentunya belum dapat dilepas, jika terinfeksi dan bernanah, jahitan dapat dibongkar untuk dibersihkan ulang, dan sebaliknya jika baik dan melekat serta dianggap sudah cukup kuat makan jahitan dapat dilepaskan.

Berapa lama suatu jahitan dapat dilepas akan tergantung banyak faktor:

  • Bagian tubuh dan luas bagian yang dijahit
  • Apakah jahitan berada di bagian Di persendian atau tidak, persendian aktif bergerak (terutama lutut) maka jahitan di area persendian umumnya lebih lama untuk sembuh
  • Adanya infeksi di luka yang dapat menghambat pemulihan

Apabila luka jahitan belum melekat atau belum kering, namun jahitan sudah lepas, dapat menyebabkan luka jahitan tidak melekat dengan sempurna, penyembuhan jaringan yang lebih lama, hingga menimbulkan resiko infeksi pada luka yang lebih tinggi. Ada baiknya kakak Anda kontrol ke dokter yang menangani agar mendapatkan pemeriksaan langsung secara visual apakah memang jahitan sudah dapat dilepas, atau belum melekat. Apabila memang belum terjadi penyembuhan luka, ada kemungkinan luka dijahit ulang.

Untuk menjaga agar luka jahitan sehat dan cepat kering, disarankan:

  • Jaga luka Anda agar tidak kotor. Jika perban yang membalut luka kotor, ganti dengan perban baru yang bersih.
  • Bersihkan luka secara berkala dengan larutan garam fisiologis / NaCl 0,9%, bila perlu aplikasikan salep antibiotik yang diberikan dokter dan tutup luka dengan kassa steril.
  • Usahakan luka tetap kering.
  • Cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti balutan luka
  • Makan makanan bergizi yang tinggi kalori dan protein seperti telur, daging merah, daging ayam, ikan , dan lain lain.
  • Hindari merokok dan minum alkohol
  • HIndari stress
  • Istirahat cukup

Apabila kakak Anda mengalami kondisi seperti

  • Luka jahitan mengeluarkan nanah, berbau busuk, nyeri, dan disertai demam tinggi
  • Luka jahitan mengalami perdarahan banyak
  • luka Jahitan berubah warna menjadi menghitam

Segera periksakan kakak Anda ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Semoga Bermanfaat,

Salam Sehat

dr. Sandy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses melahirkan normal adalah salah satu proses paling menyakitkan bagi seorang ibu

Mempersiapkan Proses Melahirkan Normal dengan Berolahraga

Proses melahirkan normal adalah salah satu proses paling menyakitkan bagi seorang ibu. Melakukan latihan otot dasar panggul adalah salah satu cara untuk mengurangi sakit dan memperlancar proses melahirkan normal yang akan Anda hadapi.