Luka jahitan pasca melahirkan lepas, apa bisa merekat dengan obat dan salep ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 26 Tahun
Dok mau tanya..jahitan ppasca melahirkan saya 6 hari lepas sebagian rasanya sakit...setelah itu saya kontrol ke bidan dikasih obat salep dan tablet hasilnya bagus tidak sakit lagi...tapi apakah luka robekan bisa kembali merekat lagi dengan obat dan salep tersebut ??tks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NL.

Luka jahitan pasca melahirkan umumnya dapat mengalami masa pemulihan yang berkisar dalam hitungan waktu dua minggu hingga satu bulan. Akan tetapi hal ini dapat berbeda-beda, bergantung pada tingkatan derajat robekan saat melahirkan, proses penjahitan, perawatan luka jahitan tersebut dan kemampuan pemulihan setiap individu.

Robekan vagina saat melahirkan sendiri dikelompokan menjadi beberapa tingkatan, yakni :

  • tingkat 1, robekan pada lapisan kulit dan jaringan vagina tanpa mencapai otot
  • tingkat 2, robekan telah mencapai otot
  • tingkat 3, robekan lebih dalam yaitu dari kulit, otot vagina hingga otot anus
  • tingakt 4, robekan semakin dalam melebihi otot anus, bahkan dapat mencapai usus

Mengenai pertanyaan Anda, perlu ditelaah lebih lanjut tingkatan robekan setelah melahirkan dan seberapa banyak jahitan yang lepas serta seberapa besar robekan yang kembali terjadi. Umumnya jika lepasnya jahitan tidak terlalu banyak, maka tubuh dapat melakukan perbaikan dengan sendirinya. Namun apabila robekan pasca lepasnya jahitan tersebut terlalu besar umumnya tidak cukup hanya dengan salep dan obat yang bersifat mengatasi nyeri dan mencegah infeksi, dibutuhkan tindakan yang lebih lanjut.

Ada baiknya Anda memastikannya dengan melakukan pemeriksaan kembali. Jika perlu Anda dapat memeriksakannya secara langsung kepada dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lebih sering buang air besar jelang melahirkan merupakan tanda-tanda akan melahirkan.

Siapkan Diri Anda Bila Alami Tanda-tanda Akan Melahirkan Ini

Sering buang air besar menjelang melahirkan merupakan salah satu tanda-tanda akan melahirkan. Selain itu, tanda-tanda lainnya berupa sakit punggung, pecah ketuban, dsb.