Apa dampak luka jahitan pada anak?

CM Info Penanya: CM, Pria, 21 Tahun
Malam pagi dok, ini saya mau bertanya dok, apakah berpengaruh pada otak anak di usia 2 tahun jika si anak mengalami benturan pada kepala hingga mengakibat luka jahitan di kepala?, di takutkan nyaa terjadi apa" pada anak tersebut dok, terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi CM,

Adanya trauma pada kepala tentu perlu mendapat perhatian lebih banyak, karena adanya benturan yang sangat keras dapat mengakibatkan perdarahan atau memar pada otak, dan akan berdampak untuk jangka panjang.

Perihal kasus anak Anda, yang perlu diperhatikan adalah apakah saat kejadian terjadi penurunan kesadaran? Apakah anak sempat pingsan? Apakah saat kejadian anak masih bisa mengenali orang sekitar? Apakah disertai dengan muntah? Seberapa dalam luka robeknya?

Selama semua pertanyaan diatas jawabannya tidak, maka pada umumnya seharusnya tidak perlu terlalu cemas, meski terdapat luka robek yang perlu dijahit selama luka robeknya tidak terlalu dalam. Namun untuk memastikan kondisi otak anak Anda, sebaiknya anak Anda melakukan pemeriksaan CT scan. Karena bisa saja kondisi anak Anda baik namun terdapat memar di dalam otaknya.

Lakukan pemeriksaan ke dokter anak untuk konsultasi lebih lanjut. Selain itu Anda juga perlu menjaga kebersihan lukanya dan melakukan kontrol secara teratur, luka jahitan sebisa mungkin jangan basah.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memar tulang dapat sembuh sendiri

Apakah Ada Obat Memar Tulang yang Manjur?

Memar identik dengan warnanya yang biru-kehitaman, tetapi tahukah Anda bahwa Anda juga bisa mengalami memar di tulang? Memar tulang dapat terjadi ketika ada cedera pada permukaan tulang. Faktanya, dokter tidak akan memberikan obat memar tulang tertentu dan biasanya hanya menyarankan penderita untuk mengompres daerah memar tulang dengan kantongan es batu.