Luka Jahitan Keras

AA Info Penanya: AA, Pria, 2019 Tahun
Dok saya punya luka jahita tapi sudah lumayan sembuh tapi kaya nempel sama daging soalnya saya sentuh itu keras dok, apa itu akan normal kembali seperti biasanya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam AA.

Terimakasih atas pertanyaannya, saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Proses penyembuhan luka memerlukan waktu yang tidak sedikit. Diperlukan paling tidak 6-8 minggu untuk luka dapat mencapai proses anabolik dan katabolik yang normal. Luka yang mengalami kesembuhan, kekuatannya hanyalah 30-40% dari kulit yang sehat.

Pada luka yang mengalami penyembuhan, terbentuk jaringan parut di luka tersebut apabila luka tersebut merusak lapisan papiller pada kulit. Kadang jaringan parut tersebut tidak mencolok dan seperti menyerupai kulit aslinya, namun, kadang beberapa luka menjadi cacat. 

Jaringan parut yang mengalami kecacatan dapat berupa 

1. Keloid

Keloid adalah jaringan parut yang terus membesar dan meninggi, melebihi bentuk dan ukuran luka aslinya. Keloid cenderung berwarna kemerahan, keras, dan dapat menimbulkan gatal atau nyeri hingga berbulan bulan dan bertahun tahun. Biasanya penderita keloid memiliki riwayat pada keluarga yang memiliki kecenderungan luka yang membentuk keloid.

2. Jaringan parut yang melebar

Jaringan parut yang melebar biasanya datar bahkan cenderung lebih rendah dari jaringan kulit sekitarnya, biasanya berasal dari luka yang terbentuk ulang saat proses penyembuhan luka. 

3. Jaringan parut hipertropi

Jaringan parut yang membesar dan meninggi namun, ukurannya terbatas sesuai ukuran luka asli. Jaringan parut hipertropi dapat mengecil sesuai dengan perjalanan waktu, dan dapat pula terjadi ulang pada luka yang sama.

Untuk memastikan luka pada keluhan Anda, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter umum atau ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat diwawancarai lebih lanjut mengenai keluhan Anda dan juga dapat dilakukan pemeriksaan langsung pada luka Anda. Penyebab yang berbeda tentunya memerlukan penanganan yang berbeda.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi luka semakin mengeras 

  1. Hindari mengaruk garuk luka meskipun gatal
  2. jaga kesehatan kulit dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak Vitamin E, Vitamin C, protein dan lemak baik seperti Brokoli, tomat, berry, dan salmon, ikan, telur.
  3. Tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol
  4. Olahraga teratur
  5. Istirahat cukup

Jika keluhan Anda tidak membaik atau mengalami perburukan seperti luka menjadi infeksi atau bernanah disertai gejala demam tinggi, atau luka menghitam dan berbau busuk, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sandy Aditya Pradana

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kulit ayam menyebabkan kondisi kulit keratin di pori-pori.

Meski Tak Bahaya, Penyakit Kulit Ayam Bisa Ganggu Penampilan

Penyakit kulit ayam adalah penyakit yang disebabkan terbentuknya keratin di pori-pori. Penyebab penyakit kulit ayam, yaitu faktor usia, kulit yang kering,obesitas, dsb.