Luka gigitan tikus bagaimana menanganinya?

ME Info Penanya: ME, Wanita, 23 Tahun
Maaf dok mau menanyakan, saya waktu tidur di gigit tikus. Kemudian saya bersihkan menggunakan air dan sabun. Setelah itu saya rendam pakai air hangat dan sabun. Kemudian saya cuci lagi menggunakan air dan sabun. Setelah itu saya beri handsahitiser. Apa yang harus saya lakukan lagi ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ME,

Tikus adalah salah satu hewan pengerat yang bisa menggigit manusia dan tentunya berbahaya karena bisa memicu reaksi infeksi berupa demam, otot pegal-pegal, ruam kemerahan di kulit seperti memar atau lebam, mual, muntah, dll. Gejala-gejala tersebut rata-rata muncul sekitar 3-10 hari paska gigitan, namun untuk jenis tikus spirillary biasanya muncul 7–21 hari setelah tikus menggigit tubuh Anda.

Sudah benar bila setelah digigit Anda langsung mencucinya menggunakan sabun dan air mengalir, serta membilasnya dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol.

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah merawat luka tersebut dengan cara:

  • Bersihkan lukanya setiap hari dengan air mengalir, dilap kering kemudian ditutup dengan kasa steril.
  • Pastikan luka tidak basah. Bila verband tampak basah maka ganti kasanya.
  • Anda bisa mengoleskan salep antibiotik bila sudah punya di rumah. Namun bila belum punya, maka tidak bisa karena salep antibiotik termasuk obat golongan keras, maka perlu resep dokter.

Bila luka tampak merah, bengkak, atau muncul nanah, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk perawatan lebih lanjut. Selain itu pasang jebakan tikus dan jaga kebersihan rumah untuk mengusir tikus.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab alis rontok bisa jadi tanda penyakit

Mengenal 17 Penyebab Alis Rontok yang Mungkin Anda Alami

Penyebab alis rontok tidak boleh Anda sepelekan. Selain dampak terlalu sering mencabut alis, kondisi ini juga bisa menjadi suatu indikasi penyakit tertentu.