Luka yang tiba-tiba muncul dan tidak kunjung sembuh, karena apa ?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 15 Tahun
Halo dok saya mau nanya, di ujung kanan lipatan lutut kaki kiri saya tiba² luka, tanpa ad rasa perih mau pun gatal awalnya kecil tp kelamaan malah mulai membesar & tdk kunjung sembuh (luka mengering) lbh dari seminggu, mau di pakein betadine cuman gk berani takut nambah parah, lukanya tdk mengeluarkan bau maupun nanah & tdk ad rasa gatal jg perih, klo di bawa mandi jg lukany makin basah. Klo diingat² lg dulu pernah jg ad luka seperti itu tp dgn gatal luarbiasa ditempat yg sm namun sedikit ke dlm
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N.

Luka yang tiba-tiba muncul merupakan keluhan yang dapat terjadi karena berbagai faktor. Luka yang tidak terjadi secara mendadak, umumnya disebabkan oleh cedera. Terdapat beberapa keadan tertentu seperti pada luka ulkus. Ulkus umumnya terjadi sebagai dampak gangguan kesehatan tertentu dan bukan disebabkan oleh cedera.

Adapun beberapa penyebab dari luka yang terjadi secara tiba-tiba, diantaranya adalah :

Mengenai keluhan yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mamastikan penyebabnya. Dibutuhkan penelusuran riwayat penyakit sebelumnya, pemeriksaan fisik dan mungkin pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis pastinya.

Untuk sementara Anda dapat melakukan perawatan luka menggunakan kompres cairan NaCl yang dapat dibeli di apotek. Berikut terlapir artikel mengenai perawatan luka, sebagai informasi yang lebih lengkap untuk Anda.

Jika keluhan berlanjut, periksakanlah diri Anda ke dokter Spesialis Kulit.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Actinic keratosis adalah kerusakan kulit yang kasar dan bersisik akibat paparan sinar matahari

Tips Mencegah Actinic Keratosis Akibat Sinar Matahari

Actinic keratosis adalah kondisi di mana kulit mengalami kerusakan yaitu menjadi kasar dan bersisik akibat paparan sinar matahari. Untuk pencegahannya, gunakan tabir surya, batasi waktu terkena sinar matahari serta minum banyak air putih.