Luka di pinggir penis

GT Info Penanya: GT, Pria, 17 Tahun
Dok. Ini di pinggir penis saya kok ada luka ya ? penyebabnya apa dok? trs solusi tercepatnya gmna ? soalnya perih buat gerak2
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi GT,

Luka pada pinggiran penis sendiri bisa timbul diakibatkan beberapa penyebab seperti:

  • Reaksi alergi akibat paparan dengan bahan tertentu, zat kimia pada produk perawatan seperti sabun
  • Luka karena mencukur rambut kemaluan, akibat garukan atau gesekan dengan pakaian
  • Infeksi pada saluran rambut kemaluan
  • Infeksi kulit sekitar kemaluan
  • Infeksi menular seksual seperti sifilis atau raja singa akibat riwayat hubungan seksual yang tidak aman atau ulkus mole akibat infeksi bakteri Haemophilus ducreyi yang juga bisa menimbulkan luka dan nyeri pada alat kelamin

Untuk itu perlu dipastikan apa penyebab dari adanya luka di penis karena jika penyebabnya adalah infeksi menular seksual maka perlu segera ditangani karena dapat menular pada orang lain dan juga penyakit bisa berkembang ke tahap selanjutnya jika tidak ditangani dengan baik yang bisa menyebabkan gangguan pada organ lain bahkan sampai menimbulkan bahaya yang mengancam jiwa seperti misalnya pada infeksi sifilis.

Ceritakan kondisi ini pada orang tua atau segera periksakan diri pada dokter kulit dan kelamin sehingga bisa dipastikan penyebabnya dan segera mendapatkan penangan. Hindari menggaruk atau mengorek luka, jaga kebersihan area organ sekitar luka agar tetap bersih dan kering, hindari sembarangan mengonsumsi obat atau mengobati diri sendiri tanpa pemeriksaan dokter karena bisa menimbulkan risiko efek samping obat dan juga membuat resistensi bakteri atau bakteri menjadi kebal terhadap pengobatan yang diberikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memasukkan jari ke vagina mungkin bisa merangsang pasangan, namun perhatikan juga risikonya

Penyebab Keluar Darah Saat Memasukkan Jari ke Vagina dan Cara Mencegahnya

Memasukkan jari ke vagina termasuk salah satu aktivitas seksual yang dilakukan agar suasana bercinta makin menggairahkan. Sayangnya, kegiatan ini kerap berisiko memicu perdarahan pada vagina. Mengapa bisa demikian?