22 Jun 2021, 23:47Kulit & Kelamin

Luka sudah 2minggu tidak kering, apakah diabetes?

PA
Info Penanya: PA0
Selamat malam dok, saya mau tanya diarea kuku saya ada luka. Lukanya sudah 1-2 mingguan. Pertama yg saya rasakan bengkak, kemerahan dan nyeri. Saat ini saya mengobatinya dengan menggunakan daun pacar. Namun lukanya tidak kering. Kira² kuku saya kenapa? Apakah saya menderita penyakit diabetes?
98 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Adanya keluhan pada kuku umumnya disebabkan oleh trauma memotong kuku terlalu pendek yang akhirnya menyebabkan keluhan nyeri, bengkak, bernanah. Keluhan ini disebut juga dengan cantengan dan selain disebabkan oleh kebiasaan memotong kuku terlalu pendek, dapat pula disebabkan oleh penggunaan alas kaki yang sempit, atau adanya trauma pada kuku.

Mengatasi keluhan luka kuku

Selain karena catengan jika terdapat luka terbuka pada kuku maupun kulit sekitar kuku, yang terpenting adalah perlu dijaga keberhian area tersebut sehingga tidak menyebabkan infeksi. Adanya luka yang tidak kujung kering setelah 2minggu atau lebih, memang akan sangat mengganggu dan meningkatkan resiko terjadi infeksi.Untuk menangani hal ini, Anda terlu seraca rutin membersihkan luka menggunakan betadine setidaknya 3x sehari dan hindarkan luka dari basah. Adanya luka yang bahas terkena air, akan memperlama penyembuhan dan pengeringan luka, selain itu gunakan juga salep antibiotik yang dapat diresepkan oleh dokter kami melalui online chat di aplikasi SehatQ. Selain itu, hindari penyebab keluhan agar keluhan terjadi luka berulang dan untuk mengetahui kondisi keadaan diabetes, lakukan pemeriksaan gula darah.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
infeksi bakteripenyembuhan lukakuku
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil