luka dan berair amis di kepala, apa penyebabnya?

LM Info Penanya: LM, Wanita, 25 Tahun
luka dan berair amis di kepala karna sering menggaruk gatal karena ketombe..itu kenapa dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LM,

Adanya luka di kepala adalah bisa disebabkan oleh infeksi kepala baik karena infeksi jamur kepala atau tinea capitis, infeksi bakteri ataupun bisa karena infeksi virus, selain itu juga bisa disebabkan oleh gangguan lain pada kulit kepala seperti psoriasis, peradangan kulit, ataupun dermatitis seborik yang memiliki gejala seperti ketombe.

Untuk itu apabila ada luka dan timbul koreng yang berair, maka bisa menandakan adanya infeksi lain akibat garukan ataupun akibat perawatan kepala yang tidak bersih.

Untuk mengatasinya perlu dilakukan beberapa cara seperti:

  • Lakukan pembersihan rambut dan kulit kepala secara teratur, bisa gunakan shampo selenium sulfida, zinc pyrithione, sulfur, ataupun sampo yang berisi ketokonazole
  • Keringkan rambut sampai benar-benar kering
  • Hindari menggunakan penutup kepala yang lembap seperti misalnya topi atau helm
  • Hindari menggaruk kepala terlebih jika terasa seperti ada luka agar tidak memicu koreng 
  • Kelola stres

Jika keluhan cukup luas dan mengganggu sampai timbul nyeri, bauk, gatal dan demam maka perlu segera diperiksakan pada dokter atau dokter spesialis kulit agar dilakukan penanganan lebih lanjut baik pemberian obat minum untuk megatasi rasa gatal juga untuk mengatasi infeksi.

Pastikan juga agar tangan dan kuku bersih jika memegang luka agar tidak menjadi sumber infeksi pada kulit kepala. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidakseimbangan hormon menjadi salah satu pemicu kandidiasis vagina

Kandidiasis Vagina Penyebab Iritasi Vagina, Benarkah Demikian?

Kandidiasis vagina adalah infeksi jamur pada vagina yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi vagina. Iritasi vagina merupakan gejala umum kandidiasis vagina. Langkah pencegahannya adalah bersihkan area genital luar secara teratur dengan air.