Luka dan benjolan dalam di pipi bagian dalam tiba tiba, apa penyebabnya?

FN Info Penanya: FN, Pria, 19 Tahun
Selamat pagi dok, di pipi bagian dalam saya terdapat luka atau benjolan dalam berwarna hitam keunguan (hanya satu titik) yang muncul tiba tiba dok. kira kira penyebabnya apa ya dok? Terima kasih banyak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore FN,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, kondisi yang Anda alami bisa saja di sebabkan karena hematoma atu sariawan di dalam pipi. Hematoma bisa terjadi karena adanya benturan atau tergigitnya bagian pipi. Benturan atau tergigit secara tidak sengaja akan membuat luka dan darah yang dapat terkumpul pada jaringan pipi sehingga dapat menyebabkan luka atau benjolan ungu yang bewarna kehitaman. Sedangkan sariawan atau stomatitis adalah luka atau peradangan yang dapat terjadi pada bibir bagian dalam bagian mulut.

Jika sakit yang Anda alami tidak membaik selama 1 minggu, dan muncul gejala lain seperti demam, nyeri yang bertambah berat, atau benjolan yang semakin besar, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter gigi dan mulut untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk mencegah dan mengobati keluhan yang Anda alami :

  • Selalu jaga kebersihan gigi dan mulut Anda
  • Sikat gigi dengan cara yang benar
  • Konsumsi makanan gizi seimbang
  • Banyak minum air putih
  • Berhati-hati dalam mengunyah makanan

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala kanker lidah tahap awal sering salah dikenali sebagai sariawan biasa

Gejala Kanker Lidah Mirip Sariawan, Apa yang Membedakan?

Gejala kanker lidah tahap awal, seringkali sering disalahartikan sebagai sariawan biasa. Padahal keduanya memiliki perbedaan, kenali apa saja perbedaannya.