Luka bengkak bagaimana ya ??

ER Info Penanya: ER, Wanita, 22 Tahun
Dok mu tanya klw luka saat jtoh dri motor lalu beli obat di apotik, yaitu obat bengkak dan supaya luka cpet kering sudah di minum tapi setelah itu luka malah gatal seperti kaligata di sekitar luka itu sudah 3hari gatal tidak hilang dok..Apa krna alergi obat ? Atau cairan bening yg keluar dri luka itu ya dok..?Trimksih ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi ER.

Ketika terjatuh dan terluka sebaiknya Anda langsung berobat dengan dokter untuk dilakukan perawatan luka agar tidak terjadi infeksi. karena saya tidak mengetahui kejadiannya maka saya asumsikan Anda tidak melakukan perawatan luka.

Bengkak, gatal dan kemerahan yang terjadi merupakan reaksi peradangan pada kulit Anda, bisa akibat luka terjatuh tadi atau karena sudah terinfeksi. Kemudian saya juga tidak mengetahui obat yang dikonsumsi dan riwayat alergi Anda, jadi kemungkinan keluhan kemerahan masih sulit untuk dijelaskan. 

Saya sarankan Anda langsung berkonsultasi dengan dokter, untuk segera dilakukan perawatan luka agar luka dapat sembuh dengan maksimal, dan Anda dapat beraktifitas secara normal kembali.

Berikut saya lampirkan link mengenai langkah awal penanganan luka sebelum ke dokter.

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keloid umumnya lebih menonjol dan memiliki warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya

Keloid: Penyebab, Gejala, dan Cara Menghilangkannya

Keloid adalah tumbuhnya jaringan parut berlebih pada bekas luka. Meski tidak membahayakan kesehatan, adanya keloid dapat mengganggu penampilan. Apa penyebabnya dan bagaimana cara menghilangkan keloid?