Bagaimana cara penanganan luka bekas operasi yang rembes?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 38 Tahun
Dok ana sy luka bekas opreasi'y sedikit rembes gimna y dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, NA.

 

Operasi merupakan prosedur tindakan medis yang dilakukan oleh dokter bedah atau dokter spesialis lain dengan profesional. Tindakan operasi biasanya menimbulkan perlukaan. Luka bekas operasi tersebut harus benar-benar dirawat. 

Infeksi luka operasi adalah infeksi yang terjadi pada luka sayatan bekas operasi. Beberapa penyebab infeksi yang terjadi pada luka bekas operasi akibat adanya interaksi terhadap kuman yang ada pada kulit atau kuman yang berinteraksi lewat udara.

Terkait dengan kondisi yang Anda alami, pada dasarnya luka bekas operasi harus diberikan penanganan yang tepat, jika tidak luka akan mengalami infeksi dengan ditandai adanya luka yang merembes. Jika terinfeksi kuman akan lebih suka dengan permukaan yang lembab atau basah sehingga. Hal ini akan menyebabkan terjadinya peradangan dan timbulnya hambatan dalam proses penyembuhan luka. Maka sebaiknya konsultasikan luka bekas operasi yang Anda alami kepada dokter spesialis bedah ya.

Untuk menjaga luka agar tidak terinfeksi adalah sebagai berikut:

  1. Rajin mengganti verban dengan terlebih dahulu membersihkan luka bekas operasi tersebut dengan cairan steril seperti nacl 0,9 %.
  2. Jaga pola makannya perbanyak makan buah dan sayur.
  3. Minum air putih 2-3 liter perhari.
  4. Tidur yang cukup yaitu 7-8 jam perhari.

 

Semoga bermanfaat, 

salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara cepat menyembuhkan luka bukanlah dengan disiram alkohol

Bukan Disiram Alkohol, Ini Cara Cepat Menyembuhkan Luka dengan Benar

Banyak orang beranggapan bahwa cara cepat menyembuhkan luka adalah menyiramnya dengan alkohol. Sayangnya, cara tersebut justru akan memperlama proses penyembuhan.