Luka bekas operasi mengeluarkan nanah

DA Info Penanya: DA, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya mau bertanya sehabis operasi usus buntu jahitan luar mengeluarkan nanah setiap hari sudah diganti perban dan diambil nanahnya tapi jahitan luar membuka kapan kering dan menutup operasi sudah hampir 2 minggu tolong tipsnya dokter trms...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang D,

Luka paska operasi salah satunya paska operasi usus buntu memerlukan waktu dan penanganan khusus agar dapat kembali pulih diantaranya adalah perawatan luka berkala, menjaga luka agar tetap kering dan bersih dengan melakukan penggantian perban secara berkala ataupun dapat menggunakan perban anti air agar luka tetap kering, mengonsumsi obat yang telah diberikan dokter sesuai anjuran, mengonsumsi makanan bernutrisi untuk membantu penyembuhan luka salah satunya adalah makanan tinggi protein, membatasi dan melakukan aktivitas fisik secara bertahap. 

Apabila luka operasi tetap mengeluarkan nanah ataupun menimbulkan gejala lain seperti timbul demam, luka bekas operasi menjadi kemerahan, membengkak, teraba hangat pada kulit disekitar bekas luka operasi hal ini dapat menandakan adanya gangguan pada penyembuhan luka salah satunya dapat dipicu oleh infeksi luka pasca operasi. Hal ini dapat terjadi karena beberapa hal seperti melakukan perawatan luka dengan tidak steril atau luka tidak dijaga agar tetap kering dan bersih, tidak mengonsumsi obat dengan baik, mengalami gangguan kesehatan lain seperti diabetes ataupun gangguan sistem imun tubuh, melakukan aktivitas berat sehingga luka operasi dapat menjadi kembali terbuka.

Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan dan kontrol secara berkala pada dokter atau dokter ahli bedah yang menangani Anda agar dilakukan evaluasi pada luka Anda, nantinya dokter akan melakukan tindakan pembersihan luka, pemberian obat tambahan jika diperlukan ataupun tindakan lain untuk memperbaiki kondisi luka bekas operasi. Semoga bermanfaat,

Salam sehatQ,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi ESBL terjadi karena bakteri kebal terhadap penyakit

3 Kasus Resistensi Antibiotik Akibat Infeksi ESBL

Kasus resistensi antibiotik dapat diakibatkan oleh beragam bakteri, salah satunya adalah bakteri yang memproduksi ESBL (extended spectrum beta-lactamase) dan memicu infeksi ESBL.