Luka bekas operasi melahirkan

SU Info Penanya: SU, Wanita, 19 Tahun
Saya mau menanyakan dok di luka bekas operasi melahirkan ada benjolan kecil tapi tidak nyeri atau pun sakit cuma gatal ..itu kenapa dok.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R,

Adanya benjolan pada luka bekas operasi bisa merupakan keloid. Keloid sendiri adalah adanya penebalan jaringan kulit yang bisa tampak bengkak dan juga bisa berubah warna bisa lebih gelap disertai keluhan rasa gatal.

Untuk menghilangkannya bisa dilakukan beberapa cara diantaranya dengan:

  • Perawatan laser
  • Penyuntikan bekas luka yang menjadi keloid dengan suntikan khusus
  • Menggunakan gel silikon
  • Dilakukan terapi menggunakan nitrogen cair untuk mengecilkan dan menghilangkan keloid

Apabila rasa gatal timbul dan juga luka bekas operasi menjadi membesar, kemerahan, ataupun tampak meradang maka bisa dilakukan penanganan dengan mengonsumsi obat antihistamin seperti chlorphenireamine maleat. Bisa juga dilakukan kompres dengan kompres dingin untuk mengurangi rasa gatal yang timbul. Hindari menggaruk luka agar tidak terjadi iritasi ataupun infeksi pada benjolan kecil tersebut.

Jika luka bekas operasi sudah cukup lama maka sebaiknya diperiksakan pada dokter kulit untuk penanganan sesuai kondisinya. Jika operasi baru dilakukannya dan masih dalam masa penyembuhan maka sebaiknya segera kontrol untuk dilakukan perawatan luka. Apabila ada infeksi atau peradangan maka perlu dilakukan penanganan yang berbeda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam dengan cepat perlu dilakukan agar tidak mengganggu penampilan

11 Cara Menghilangkan Bekas Koreng yang Menghitam dengan Ampuh dan Cepat

Cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam dengan cepat perlu dilakukan agar tidak mengganggu penampilan maupun kenyamanan. Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan?