22 Jan 2021, 18:00Kulit & Kelamin

Bagaimana menghilangkan bekas luka bakar?

RR
Info Penanya: RR0
dok, tangan saya terkena uap panas saat masak lalu saya siram dgn air dgn maksud agar panasnya hilang. Paginya tangan saya jd ada bintik hitam atau kaya flek hitam gitu dong..hampir 2 minggu lebih blm hilang, gimana dok apa bekas ini akan hilanga gmna??
154 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang RRKulit yang terkena uap panas panas biasanya akan menjadi luka bakar. Luka bakar bisa hanya kemerahan hingga melepuh. Biasanya luka bakar melepuh yang akan menyebabkan bekas luka karena kerusakan jaringan kulit yang cukup dalam. Bekas luka bisa menghitam atau memutih. Bila hanya kulit yang kemerahan, kulit akan membaik dan jarang menimbulkan bekas luka.

Menghilangkan Bekas Luka Menghitam

Langkah anda sudah benar untuk mengalirkan tangan yang terkena uap panas dengan air sejuk. Perihal flek hitam bisa disebabkan bekas luka akibat terkena uap air panas. Untuk menghilangkan bekas luka dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami atau bisa memilih produk kecantikan untuk memudarkan bekas luka. Cara-cara alami yang dapat anda lakukan untuk memudarkan bekas luka adalah:
  • Mengoleskan madu setiap malam dan diperban
  • Gel lidah buaya atau aloevera
  • Mengoleskan cuka apel yang dicampur air dengan perbandingan 1:2
  • Minyak kelapa
  • Tea tree oil
  • Minyak zaitun (olive oil)
  • Perasan jeruk lemon
  • Baking soda yang dicampur air
  • Menggunakan irisan kentang
  • Ekstrak bawang merah
Selain cara-cara di atas anda juga perlu mengaplikasikan sunscreen untuk mencegah bekas luka yang semakin menghitam oleh paparan sinar matahari. Lakukan eksfoliasi kulit dengan scrub atau gel setiap 3 hari sekali. Anda juga bisa menggunakan silicon sheet untuk membantu memudarkan bekas luka. Tidak semua bekas luka bisa menghilang dengan sempurna karena tergantung dari tingkat keparahan luka dan perawatan serta kondisi tubuh tertentu. Meski demikian bekas luka bisa dipudarkan dengan melakukan perawatan-perawatan di atas secara rutin dan menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh. Anda bisa berkonsultasi mengenai hal ini ke dokter spesialis kulit melalui chat atau dapat memeriksakan kulit secara langsung ke dokter spesialis kulit di klinik atau rumah sakit.Semoga bermanfaat.
Salam sehat
dr. Pany CL  
perawatan kulitluka bakarbekas luka
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil