Bagaimana mengatasi bekas luka bakar?

S1 Info Penanya: S1, Wanita, 19 Tahun
Selamat siang dok.2hari yg lalu saya terkena minyak panas, tepat nya di bagian wajah dan leher saya. Saat ini luka nya sudah mulai mengering dan ada yg ngk sengaja terkelupas. Saya takut nanti luka nya akan meminggal kan bekas. Saya belum ke dokter kulit karna jauh jarak rs. Dari rumah dok. Saya harus pakai salep apa dok yg memungkinkan agar tdak berbekas luka saya. Mohon penjelasan nya dok, terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Luka bakar adalah kerusakan jaringan kulit akibat terbakar, terkena zat kimia, dan terpapar sinar matahari. Luka bakar sendiri terdiri dari 3 tingkat, yaitu luka bakar tingkat pertama (berwarna kemerahan, nyeri, dan pembengkakan ringan), luka bakar tingkat kedua (terdapat peradangan dan lepuhan pada kulit), dan luka bakar tingkat ketiga (lapisan kulit rusak termasuk pembuluh darah, luka tampak putih, kasar, dan cenderung tidak terasa nyeri). 

Untuk mengatasi luka bakar, ada bahan alami yang dapat digunakan sebagai pengganti salep, yaitu:

  • Madu.
  • Lidah buaya.
  • Calendula.
  • Cuka putih.
  • Teh hitam.
  • Susu.
  • Gandum.

Bahan-bahan diatas dapat Anda gunakan untuk mengatasi bekas luka bakar Anda ini. Gunakan secara rutin agar hasilnya maksimal. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi obat ibuprofen untuk mengurangi peradangan akibat luka bakar. Bekas luka bakar jangan dikelupas agar tidak iritasi dan bantu juga dengan kompres air hangat di area luka agar semakin cepat kering. Jika tidak ada perubahan sama sekali, maka saya sarankan Anda berobat ke dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut karena salep untuk kulit hanya dapat diberikan dengan resep dari dokter yang memeriksa Anda secara langsung. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bekas jahitan caesar akan memudar seiring berjalannya waktu

Kenali Tanda-Tanda Bekas Jahitan Caesar Bermasalah dan Cara Merawatnya

Bekas jahitan caesar dapat bermasalah apabila terkena bakteri penyebab infeksi. Gejalanya biasa diiringi dengan demam hingga nyeri pada area perut.