Bagaimana cara merawat luka bakar pada anak?

N Info Penanya: N
Selamat malam dok, saya mau tanya, anak saya kakinya tersiram air panas hari kamis malam, Jum’at lukanya menggelembung dan diolesi salep mebo, kemudian sabtu dibawa ke RS karena gelembungnya pecah dan di tutup kasa namun sekarang saya tidak tutup karena setiap diganti kasa si kasa menempel pada lukanya. hari ini lukanya kering tapi dia garuk dan berdarah, sebaiknya bagaimana? apakah aman bila disiram NaCl
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NI.

Luka bakar kerap kali membuat khawatir para orang tua jika terjadi pada buah hatinya. Namun beberapa orang tua enggan membawa anaknya ke dokter dan hanya memberikan berbagai macam olesan ke luka tersebut, dalam hal ini banyak kesalahpahaman yang dilakukan sebagian orang tua terhadap cara penanganan luka bakar. Kebanyakan orang memberikan pasta gigi untuk menangani luka bakar. Kami akan menjelaskan secara singkat mengenai luka bakar dan cara penyembuhannya.

Derajat luka bakar :

  • Proses Peradangan, pada fase ini luka akan mengalami perabaan bengkak dan hangat diakibatkan adanya pembuluh darah di area luka akan menyempit dan trombosit yang berfungsi sebagai penutup jika ada perdarahan didalam tubuh akan bekerja menghentikan perdarahan pada luka. Kemudian sel darah putih diarea luka juga mengeluarkan fungsinya sebagai pembunuh kuman.
  • Proses Pembentukan Jaringan Parut, pada fase ini luka akan tumbuh jaringan parut, ditahap ini ada kolagen atau serat protein yang akan memperkuat jaringan dan mendorong luka agar dapat menutup. Kemudian pembuluh darah kecil terbentuk agar luka mendapatkan nutrisi makanan kembali. Biasanya dalam tahap ini disebut koreng atau bekas luka.
  • Proses Pematangan, pada fase ini kolagen semakin banyak dan luka akan semakin membaik serta bekas luka akan perlahan menghilang.

Dalam kasus yang dialami buah hati Anda sebaiknya Anda tetap harus membersihkan lukanya dengan menggunakan cairan NaCl 0,9 % dan menutup lukanya dengan kasa agar bakteri maupun virus tidak mudah menempel ya.

Cara membersihkan luka yang baik :

  • Cuci tangan dengan bersih sebelum merawat luka
  • Dinginkan luka dengan air mengalir selama kurang lebih 15 menit
  • Cuci luka dengan NaCl 0,9%
  • Berikan salep penghilang nyeri pada luka dan salep antibiotik jika luka bernanah
  • Minum paracetamol jika anak kesakitan

Jika sudah mencoba untuk merawat luka sendiri dirumah tidak maksimal silahkan Anda mengkonsultasikan luka anak Anda ke Dokter Spesialis Bedah Plastik ya.

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

 

Salam sehat,
dr. Sri Wulantini

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sabun Asepso mampu membersihkan kulit dari bakteri lewat kandungan antibakteri

Cari Sabun Antibakterial? Sudah Coba Jenis-jenis Sabun Asepso Ini?

Asepso meruapakan salah satu pelopor sabun antibakterial. Sabun ini ampuh mengatasi berbagai permasalahan kulit akibat kuman dan bakteri. Awalnya hanya berupa sabun batangan untuk penggunaan di tubuh, sekarang banyak jenis sabun Asepso yang tersedia di pasaran.