12 May 2020, 11:43Kulit & Kelamin

Bagaimana cara menangani luka bakar berdasarkan jenisnya?

IS
Info Penanya: IS, Pria, 20 Tahun
dok saya terkena luka bakar, akibat tersiram minyak panas pada bagian punggung tangan kanan saya, sudah saya bawa ke klinik dan diberikan obat oles burnazin, pereda nyeri dan vitamin, sekarang sudah masuk 4 hari pengobatan, dan luka bakar sudah membentuk bula dan terasa gatal, apa yang sebaiknya saya lakukan?
23949 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat sore IS,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Luka bakar merupakan salah satu cedera rumah tangga yang paling umum terjadi. Luka bakar terjadi karena sel-sel kulit mengalami kerusakan akibat terkena paparan benda panas, listrik, atau bahan kimia tertentu.

Tingkatan derajat luka bakar dan cara penanganannya :

  • Luka bakar derajat satu
    - Gejalanya kulit kemerahan, peradangan atau bengkak ringan, nyeri yang masih dapat ditahan, kulit kering dan mengelupas, biasanya pada luka bakar yang akan sembuh.
    - Cara mengatasinya mengalirkan air dingin pada kulit yang terbakar selama lima menit, oleskan gel lidah buaya atau krim dingin untuk menenangkan kulit yang memerah.
  • Luka bakar derajat dua
    - Gejalanya kulit yang melepuh, memerah, dan terasa perih.
    - Cara mengatasinya aliri area kulit yang melepuh dengan air dingin selama 15 menit, hindari menutup area luka bakar dengan kapas agar tidak memperparah infeksi.
  • Luka bakar derajat tiga
    - Gejalanya timbul area putih atau cokelat gelap pada kulit, kulit kasar dan terkelupas, ada penebalan kulit yang tampak seperti lilin dan meluas.
    - Luka bakar derajat tiga rawan terhadap infeksi, sebaiknya segera ke IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
perawatan kulitluka bakarpenyakit kulit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil