Berapa lama proses penyembuhan luka bakar?

CS Info Penanya: CS, Pria, 1 Tahun
Mau tanya pak dokter kalau luka di bagian tangan dan kaki ukuran luas nyah dri bwah bahu smpay sendi ke telapak tangan, di bagian kaki dari lutut smpay sendi tepak kaki posisi kulit hitam hingga akhir nyah kulit di buang sampay keliatan putih semua, kira2 untuk penyembuhan prlu wktu brapa lama. TERIMAKASIH
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Luka bakar merupakan sebuah kerusakan jaringan yang disebabkan karena kontak langsung dengan sumber panas, seperti kobaran api di tubuh, tersiram air panas, tersentuh benda panas, tersengat listrik, terkena bahan kimia, gas dan terpapar sinar matahari terlalu lama.

Derajat kedalaman luka bakar :

  1. Derajat 1
    Hanya terbatas pada lapisan epidermis superfisial, kulit kering hiperemia yang menimbulkan eritema, dan nyeri pada ujung saraf sensorik yang teriritasi. Penyembuhan terjadi secara spontan, membutuhkan waktu sekitar 5 - 10 hari.
  2. Derajat 2
    Kerusakan terjadi pada seluruh lapisan epidermis yang disebabkan oleh reaksi inflamasi disertai proses eksudasi. Penyembuhannya memakan waktu 3 - 9 minggu.
  3. Derajat 3
    Kerusakannya meliputi seluruh tebal dermis dan lapisan lebih dalam. Penyembuhannya memakan waktu lebih lama bisa 4-9 bulan.
  4. Derajat 4
  • Luka telah mencapai lapisan otot, tendon, dan tulang dengan kerusakan yang luas. Kerusakan meliputi seluruh lapisan dermis, organ kulit seperti folikel rambut, kelenjar sebasea, dan kelenjar keringat. Penyembuhan bisa sampai 1-2 tahun.

Berdasarkan keterangan yang Anda ceritakan luka bakar yang Anda alami kemugkinan masuk pada derajat 3 penyembuhan luka bisa mencapai 4-9 bulan. Jangan sering terpapar matahari secara langsung, gunakan lotion, jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut dapat berkonsultasi ke dokter kulit.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sabun Asepso mampu membersihkan kulit dari bakteri lewat kandungan antibakteri

Cari Sabun Antibakterial? Sudah Coba Jenis-jenis Sabun Asepso Ini?

Asepso meruapakan salah satu pelopor sabun antibakterial. Sabun ini ampuh mengatasi berbagai permasalahan kulit akibat kuman dan bakteri. Awalnya hanya berupa sabun batangan untuk penggunaan di tubuh, sekarang banyak jenis sabun Asepso yang tersedia di pasaran.