Luka mengeluarkan cairan bening, apakah berbahaya ?

SA Info Penanya: SA, Pria, 19 Tahun
Sore dokter saya mau bertanya,semalam saya jatuh,kemudia luka lecet di bagian tangan kiri,nah setelah jatuh lgsg saya cuci pakai air,setelah sampai rumah baru saya cuci pakai sabun dan alkohol,setelah itu besokannya ada cairan bening yg keluar tetapi tidak baru dari luka saya,apakah itu berbahaya atau tidak ya dok? Dan juga di kaki saya mengalami luka yang sedikit dalam,masih mengeluarkan darah bercampur cairan bening tadiSaya sudah ke klinik terdekat untuk melakukan perawatan,apa tggapan dr
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SA.

Luka adalah keadaan cedera yang terjadi akibat benturan, gesekan atau sayatan. Luka dapat berkisar dari ringan hingga berat bergantung pada seberapa parah cedera yang dialami. Pada luka ringan, penderita mungkin mengalami luka lecet yang dapat mengakibatkan adanya ruam merah ringan yang terasa nyeri. Pada keadaan yang lebih berat luka dapat mengebabkan perdarahan, pembengkakan dan pengerasan jaringan kulit.

Mengenai keluhan Anda, cairan bening yang keluar bersama darah dari  bagian luka merupakan cairan yang disebut dengan plasma darah. Plasma darah sendiri merupakan 55% dari komponen darah dan 92% tersusun dari air. Keluarnya cairan plasma darah justru mengindikasikan proses pemulihan sedang berlangsung pada luka yang Anda alami, maka hal tersebut adalah hal yang tidak berbahaya, bahkan sangat normal terjadi.

Adapun tindakan perawatan luka yang telah mengalami proses pemulihan berikut ini :

  • gunakan cairan saline atau air mengalir untuk membersihkan luka yang telah dalam masa pemulihan serta hindari penggunaan povidone iodine 
  • hindari mandi menggunakan air yang terlalu panas
  • mengeringkan luka dengan cara di tepuk-tepuk
  • untuk mengurangi rasa nyeri Anda dapat mengompres kulit dengan air es

Jika keluhan keluar nya cairan disertai dengan nanah, segeralah memeriksakan diri kembali.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawat sakit pada wajah bisa dicegah dan diatasi, jika Anda rajin membersihkan kulit secara lembut dan teliti

8 Cara Mengatasi Jerawat Sakit untuk Memperoleh Wajah Sehat

Banyak yang mengira jerawat sakit adalah masalah kulit yang hanya menyerang remaja di usia pubertas. Salah satu cara mengatasi jerawat sakit yaitu dengan membersihkan kulit dengan lembut dan teliti.