05 Oct 2021, 16:28Psikologi

Apakah jijik berlebihan disebabkan cemas?

RA
Info Penanya: RA0
Dok, belakangan ini sy orang nya jijik-an. Hal tsb membuat sy tbtb ingin membuang ludah. Tp sy tdk bisa membuang ludah secara leluasa, apalagi sedang dlm pandemi. Bagaimana solusinya dok? Sy jg mau bertanya, td saya terkena debu ke mata dan air mata saya keluar dan kena masker saya. Terus saja jijik-an sy kambuh lg, karna mulut saya terkena masker saya. Apakah jijik-an saya berlebihan?
101 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo R,Kekhawatiran berlebih misalnya menjadi mudah jijik, bisa terjadi karena gangguan OCD atau obsessive-compulsive disorder. Gangguan ini menyebabkan muncul pikiran yang berulang secara terus-menerus kepada sesuatu hal yang mengganggu pikiran dan menyebabkan cemas. Jika muncul tiba-tiba, perlu Anda ingat kembali apakah penyebab yang memicu munculnya rasa jijik berlebihan ini.

Muncul rasa jijik berlebihan dan cara mengatasinya

Jijik yang menyebabkan rasa ingin meludah, bisa karena Anda merasa tidak nyaman dengan kondisi mulut Anda. Hal ini dapat disebabkan karena asam lambung yang meningkat, kurangnya minum air atau kurang menjaga kebersihan mulut. Untuk membantu mengurangi keluhan ini, cobalah untuk perbanyak minum air hangat, makan tepat waktu dan sikat gigi 2 kali sehari. Anda juga boleh berkumur setelah makan untuk meyakinkan diri bahwa mulut Anda benar-benar dalam keadaan bersih dan boleh juga berkumur menggunakan obat kumur.Orang dengan OCD tidak boleh terlalu mengkawatirkan hal-hal kecil secara berlebihan karena dapat menyebabkan stres. Selain itu, untuk keluhan air mata terkena masker, selama Anda yakin masker bagian dalam yang menyentuh wajah Anda selalu dalam keadaan bersih maka Anda tidak perlu khawatir. Caranya, Anda harus mengganti atau mencuci masker setiap hari, selain itu sediakan masker cadangan untuk dibawa kemana-mana jika sewaktu-waktu masker yang Anda gunakan kotor dan perlu ganti segera. Lakukan konsultasi lebih lanjut ke psikiater mengenai keluhan ini jika tidak dapat membaik dalam 2minggu.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kesehatan mentalgangguan kecemasangangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil