Apakah penyebab bercak putih pada vagina?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Saya mau tanya dok,lubang vagina terdapat bercak putih apakah berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Seperti yang kita ketahui bahwa organ reproduksi wanita terdiri dari bagian dalam dan bagian luar. Vagina adalah salah satu dari beberapa organ reproduksi wanita bagian dalam. Vagina merupakan sebuah saluran yang menghubungkan leher rahim atau sering disebut dengan serviks dengan dunia luar. Vagina pada wanita mempunyai daya elastisitas yang baik. 

Adanya bercak putih pada vagina bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, mulai adanya infeksi jamur pada vagina, adanya infeksi bakteri pada vagina (bakterial vaginosis / vaginosis bakteri), adanya infeksi parasit seperti trikomoniasis pada vagina, adanya condiloma, adanya penyakit menular seksual, atau karena kondisi medis yang lainnya.

Terkait dengan apa yang Anda keluhkan, apablia bercak tersebut disertai rasa gatal atau adanya keputihan yang berbau tidak sedap dan atau berwarna kekuningan atau kehijauan, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan tatalaksana serta terapi pengobatan yang sesuai.

Tips yang bisa Anda lakukan saat ini adalah dengan tidak bergonta-ganti pasangan seksual, menjaga kebersihan area kewanitaan, gunakanlah pakaian dalam dengan bahan yang menyerap keringat dan berbahan lembut, usahakan untuk mengganti pakaian dalam 2-3 kali dalam sehari, konsumsilah makanan yang sehat bergizi, perbanyak sayur dan buah-buahan dan cukupi kebutuhan cairan harian Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mekanisme kerja antibiotik adalah menghentikan bakteri berkembang biak sekaligus menghancurkannya

Bagaimana Mekanisme Kerja Antibiotik Agar Ampuh Lawan Bakteri?

Sebelum minum antibiotik, pastikan infeksi yang dialami memang disebabkan karena bakteri. Mekanisme kerja antibiotik bisa saja gagal membunuh bakteri apabila tubuh seseorang mengalami resistensi.