Apakah yang dimaksud dengan Locked in synrdrome?

DP Info Penanya: DP, Wanita, 26 Tahun
Halo dok saya ingin tahu apa itu Locked-in syndrome (LIS) disebut juga "pseudocoma"? Bagaimana itu bisa menyerang seseorang? Apa penyebabnya? Bagaimana penyembuhannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, DP

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Locked in syndrome adalah suatu kondisi dimana terdapat kelainan neurologis yang langka dan menyebabkan terjadinya kelumpuhan seua otot kelcuali otot untuk pergerakan bola mata. Lokcked in sydrome ini merupakan salah satu jenis stroke berat. Penderita locked in syndrome ini tidak bisa menggerakkan tubuh juga tidak bisa bicara. Hanya bisa melihat, menggerakkan bola mata, bekedip dan biasanya kemampuan kognitifnya masih berfungsi dengan baik. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada batang otak yaitu pons yang terdapat serabut-serabut saraf yang berfungsi untuk menyampaikan infromasi ke area otak yang lain. 

Gejala yang timbul pada locked in syndrome adalah:

  • Lumpuh kedua kaki
  • Lumpuh kedua tangan 
  • Lumpuh wajah
  • Tidak bisa berbicara

Penyebab dari locked in syndrome ini bisa awal dari serangan stroke yang menyebabkan aliran darah menuju batang otak dan pons terganggu, bisa juga karena adanya penyakit keganasan (kanker) yang menyebar ke otak, atau karena kondisi medis lainnya yang dapat merusak pons.

Penderita locked in syndorme ini harus mendapatkan perawatan khusus oleh dokter spesialis saraf, selain itu juga perlu diperhatikan agar tidak terjadi komplikasi yang lain karena efeksamping dari tirah baring yang terlalu lama seperti pneumonia, ulkus dekubitus dan kondisi medis yang lainnya.  Perlunya perawatan khusus juga diperlukan agar dapat dipantau kebutuhan cairan hariannya oleh tim medis. Serta dapat dilakukan tatalaksana yang sesuai dengan penyebab yang mendasarinya.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tangan gemetar bisa saja memiliki penyebab tremor yang berbeda bila gemetaran terjadi di bagian lain tubuh

Penyebab Tremor Bukan Hanya Penyakit Parkinson

Tremor adalah gemetar yang terjadi pada tubuh atau anggota badan yang tidak bisa kita kontrol. Penyebab tremor bisa merupakan hal yang normal, seperti penuaan, kedinginan, dan emosi (misalnya, ketakutan atau kemarahan). Namun ada juga berbagai kondisi medis yang jadi pemicunya.