19 Dec 2020, 00:31Penyakit Lainnya

Sariawan, apa penyebabnya?

YR
Info Penanya: YR0
Halo Dok, sekitar 5 hari lalu saya sariawan, di bagian sudut mulut dalam sebelah kanan, antara rahang atas dan bawah. Jadi gerak aja sakit. Dua hari sembuh tu, udah ga ada lagi lukanya, biasanya kan putih2 tu kalau sariawan, itu udah ilang. Tapi, ada bekas lubang, jadi sakitnya masih tinggal, susah ngunyah, itu gimana dok, aman ga dok ? Fotonya saya ada (http://bit.ly/34o9Zam)
551 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, YTerima kasih atas pertanyaan AndaSariawan atau dalam istilah medis disebut dengan stomatitis adalah adanya luka pada permukaan rongga mulut. Sariawan bisa membaik dengan sedirinya dan membutuhkan waktu sekitar 10-14 hari, namun pada kondisi medis tertentu hal ini bisa terjadi lebih lama dan membutuhkan pemeriksaan serta pengobatan dari dokter. Sariawan memiliki gejal berupa rasa tidak nyaman pada area yang terluka, rasa sakit terutama saat makan dan atau minum, luka berbentuk bulat kemerahan atau keputihan. Dalam kondisi lebih berat sariawan juga bisa disertai dengan gejala penyerta seperti demam, ataupun adanya pembengkakan kelenjar getah bening di sekitarnya.

Adapun beberapa penyabab dari sariawan adalah:

  • Adanya cedera pada rongga mulut seperti pada saat menguyah makanan taau berbicara
  • Adanya perubahan hormon dalam tubuh seperti saat sedang haid
  • Stres, kecemasan dan kondisi emosional yang tidak stabil
  • Kondisi medis lain seperti devisiensi vitamin, infeksi bakteri ataupun virus, auto imun dan lain sebagainya
  • Alergi
  • Merokok
  • Efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu
Terkait dengan kondisi yang terjadi pada Anda, salah satunya bisa disebabkan oleh sariawan. Selain itu, jika diluhat dari foto yang Anda kirimkan juga bisa terjadi karena adanya radang gusi (ginggivitis), ataupun bisa juga karena akan tubuh gigi bungsu. Untuk memastikannya, lakukanlah pemeriksaan ke dokter gigi terdekat agar Anda segera mendapatkan tatalaksana yang sesuai.Usahakan Anda menjaga kebersihan rongga mulut, gosok gigi sebelum tidur dan sesudah makan, konsumsi makanan dengan tekstur lunak untuk sementara waktu dan atasi stres serta beristirahatlah dengan cukup.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
kesehatan mulutgigi bungsusariawan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil