Seks satu kali, masih perawan tidak?

IF Info Penanya: IF, Wanita, 1 Tahun
Malem dok sya mau nanya , saya sudah pernah melakukan hubungan seks satu kali, apakah jika saya menikah suami saya akan mengetahui kalau saya sudah tidak prawan lagi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IF.

Hubungan seks adalah hal yang lazim dilakukan oleh suami istri, untuk meningkatkan keharmonisan serta mendapatkan keturunan. Hubungan seks biasanya diawali dengan foreplay atau pemanasan, yaitu dengan saling menyentuh atau mencium bagian tubuh pasangannya. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan proses penetrasi (memasukkan penis ke vagina).

Saat penis masuk ke dalam vagina, penis bisa saja menyobek selaput dara, yaitu sebuah selaput tipis yang berada di dalam organ intim wanita. Pada dasarnya, selaput dara sudah memiliki lubang, dimana darah menstruasi mengalir melalui lubang tersebut. Tetapi, saat berhubungan, lubang tersebut akan semakin besar, dan terkadang menyebabkan keluarnya sedikit darah dari liang vagina.

Selain karena proses penetrasi, selaput dara juga bisa sobek apabila ada benturan atau gerakan tertentu. Misalnya memanjat pohon, menunggang kuda, melakukan gerakan split saat senam, dan lain-lain.

Nah, selaput dara inilah yang sering diidentikkan dengan keperawanan. Padahal, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), perawan didefinisikan sebagai 'belum pernah bersetubuh dengan laki-laki' dan tidak berhubungan dengan selaput dara itu sendiri.

Oleh karena itu, semua kembali kepada arti kata 'perawan' menurut Anda, ya. Apabila Anda sependapat dengan definisi dari KBBI, maka sudah jelas bahwa Anda tidak perawan, dan calon suami Anda tentunya akan tahu apabila Anda menyampaikan apa yang pernah Anda lakukan tersebut.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Beberapa manfaat ciuman dapat menjaga kondisi psikologis, kesehatan fisik, serta kesehatan hubungan asmara

Beragam Manfaat Ciuman untuk Kesehatan Tubuh dan Kesehatan Asmara

Ciuman tak hanya sekedar simbol kasih sayang. Ternyata, manfaat ciuman dapat dirasakan untuk kesehatan jiwa raga seperti mengurangi stres, mencegah gejala alergi, hingga membakar kalori.