Lipitor 20, Ascardia atau CPG

DT Info Penanya: DT, Pria, 49 Tahun
4 tahun lalu saya pasang stend atau ring type DES dan sampai sekarang harus minum lipitor 20 dan ascardia atau cpg.Apakah effeknya mengkonsumsi ke-2 obat tersebut untuk jangka panjang. Saat ini saya alami kulit kering dan pecah-pecah serta gatal di seluruh tubuh. Apakah karena efek dari obat tersebut.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Yth Bapak DT,

Pemberian obat Lipitor 20 mg (kandungannya adalah Atorvastatin 20 mg) dengan indikasi untuk menurunkan kadar Kolesterol LDL yang dapat menyebabkan Penyakit Jantung Koroner.

Menurut penelitian, efek sampaing yang ditimbulkan sangat kecil bahkan pada pemakaian yang lama.

Ascardia yang kandungannya Acetylsalicylic acid, adalah obat yang diindikasikan untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah yang merupakan mekanisme dasar terjadinya serangan jantung, terutama pada Penyakit Jantung Koroner (PJK).

Obat Asam Asetilsalisilat juga memiliki efek anti radang dan anti piretik (Penurun panas) sehingga dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri, terutama pada nyeri ringan hingga sedang. Namun saat ini lebih sering digunakan pada pencegahan terjadinya trombosis di arteri maupun vena karena efek anti agregasinya.

Ascardia, diminum satu kali sehari saat makan, dan dapat mengakibatkan perdarahan yang sulit berhenti, sehingga penggunaannya tidak dianjurkan pada pasien dengan penyakit ulkus peptikum aktif, atau penderita dengan gangguan perdarahan. Ascardia dapat mengakibatkan gangguan pencernaan, Gangguan dalam sel darah dan reaksi alergi.

Saran kami, sebaiknya setiap satu bulan, atau maksimal tiga bulan sekali, Bapak mengunjungi Dokter untuk pemeriksaan fisik dan konsultasi lebih lanjut. Kunjungi Dokter segera mungkin bila ada keluhan sehubungan dengan penyakit jantung.

Tanyakan kepada Dokter apakah diperlukan pemeriksaan laboratorium darah untuk melihat Fungsi Hati dan Fungsi Ginjal sehubungan pemakaian obat ini  dalam waktu lama. Juga diperlukan Pemeriksaan untuk melihat Profil Kolesterol, terutama kadar LDL dalam darah.

Tanyakan apakah Dokter dapat menurunkan dosis  kedua obat ini, disesuaikan dengan kondisi kesehatan Bapak saat pemeriksaan.

Prinsipnya adalah tetaplah pertahankan Berat Badan normal, terapkan pola hidup sehat, turunkan kadar kolesterol darah. Bila Bapak dapat mempertahankan hidup sehat, dan menghilangkan faktor resiko terkena Penyakit Jantung Koroner maka kemungkinan besar Dokter dapat mengambil resiko, untuk tidak melanjutkan pemberian obat ini.

Untuk keluhan kulit kering dan gatal, bila baru dialami saat ini setelah 4 tahun mengkonsumsi obat, kemungkinan bukan akibat reaksi alergi dari obat. Reaksi alergi akan muncul tidak lama setelahminum obat.

Saran kami sebaiknya Bapak lakukan kontrol ke Dokter Spesialis Jantung, yang merawat Bapak setelah pemasangan Stent untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat tertawa yang dapat dirasakan adalah mengurangi depresi dan melawan stres

Tertawalah, karena Manfaat Tertawa Sangat Menyehatkan Tubuh dan Pikiran!

Manfaat tertawa untuk kesehatan adalah menurunkan depresi dan meningkatkan kualitas tidur. Anda bahkan bisa mengurangi stres, menjaga kesehatan, mengurangi rasa sakit, hingga melawan kelupaan.