Lipatan serviks atau erosi serviks, bisa disembuhkan?

L Info Penanya: L, Wanita
Dokter, saya ingin bertanya saya divonis mengalami erosi serviks dengan adanya lipatan serviks saya yang keluar. Tapi saya kurang mengerti apa itu erosi serviks dan bagaimana proses pengobatan yang benar ya dok? makasih dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Erosi serviks merupakan kelainan yang terjadi dimana lapisan yang seharusnya berada di dalam rahim, tumbuh diluar rahim. Hal ni menyebabkan muncul keluhan berupa nyeri atau perdarahan ketika berhubungan seksual, keputihan yang banyak sekali namun tidak disertai dengan bau, perdarahan di luar siklus haid. Erosi serviks ini terjadi akibat perubahan hormon di dalam tubuh misal ketika sedang hamil atau sedang menggunakan alat kontrasepsi yang mengandung hormon.

Penanganan erosi serviks tergantung dari keluhan yang muncul atau yang dirasakan, bila tidak ada keluhan biasanya erosi serviks ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun bila muncul keluhan keputihan atau perdarahan, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk pertimbangan tindakan lanjutan berupa prosedur diatermi, cryosurgery atau perak nitrat selain itu untuk sementara waktu hindari berhubungan seksual dengan pasangan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh YR
08 Nov 2019, 23:24
dok orang tua saya ada penyakit darah tinggi lalu bagai mana dok mencegah nya agar tekanan nya tidak naik. terima kasih
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak penyakit pada sistem reproduksi wanita yang dapat menyerang

10 Penyakit pada Sistem Reproduksi Wanita yang Harus Anda Waspadai

Sistem reproduksi wanita memiliki peran penting terutama untuk mendapat keturunan. Namun, terdapat berbagai penyakit pada sistem reproduksi wanita yang dapat terjadi. Apa saja penyakit tersebut?