Ada lingkaran pelangi saat melihat lampu, apa penyebabnya?

MN Info Penanya: MN, Pria, 22 Tahun
Assalamualikum dok. Saya mau tanya kalau saya melihat cahaya terang seperti lampu itu kok ada lingkaran seperti pelangi,mohon pencerahannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MN.

Lingkaran pelangi saat melihat cahaya disebut juga dengan halo, yang akan dialami apabila seseorang mengalami pembengkakan kornea. Beberapa penyakit mata yang dapat menyebabkan kondisi tersebut adalah keratitis, glaukoma, katarak, maupun uveitis. Sedangkan penyakit lain yang dapat menyebabkan melihat halo adalah migrain dengan aura.

Apabila Anda melihat halo secara rutin, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut di dokter spesialis mata. Nantinya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti:

  • Pemeriksaan visus (ketajaman mata)
  • Pemeriksaan lapang pandang
  • Tonometri
  • Funduskopi
  • Dan beberapa pemeriksaan lain yang dibutuhkan

Setelah diketahui akar masalah dari keluhan Anda, dokter akan memberikan penanganan yang tepat. Terapi bisa berupa obat-obatan tetes mata, tindakan pembedahan, maupun rujukan ke dokter spesialis lain apabila dibutuhkan.

Selain itu, hindari kelelahan ekstrim pada mata dengan cara membatasi penggunaan telepon genggam dan gawai lainnya secara terlalu sering. Biarkan mata beristirahat, terutama pada saat tidur di malam hari. Dan agar mata senantiasa sehat, konsumsilah makanan yang kaya vitamin A seperti tomat, paprika merah, atau wortel. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat, 
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit glaukoma merusak saraf optik mata, yang bisa menyerang lansia.

Kenali Berbagai Gejala Glaukoma yang Bisa Serang Lansia

Glaukoma merupakan sebuah kondisi yang merusak saraf optik mata, dan akan memburuk seiring berjalannya waktu. Gejala glaukoma sering tidak dirasakan penderitanya.