Lidah kegigit apa bisa sembuh?

KZ Info Penanya: KZ, Pria, 34 Tahun
Slamat malam dok...mau nanya ini lidah samping kanan saya kegigit waktu makan sangat keras banged sampai warna memar biru tidak berdarah...jarna sakit seketika saya cek tpi saya teruskan makan dan kira-kira 15 menit selesai makan saya cek lagi tiba2 sudah memar biru...kira2 bisa sembuh apa egk ya dokkk dan perlu brapa lama....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KZ,

Lidah adalah salah satu bagian rongga mulut yang sangat berperan ketika proses mengunyah. Selain mengarahkan makanan agar bisa dikunyah oleh gigi, lidah ini juga berfungsi sebagai indera pengecapan yang diliputi oleh banyak pembuluh darah. Sehingga adanya trauma seperti tergigit atau tertusuk tulang atau duri ikan akan mudah mengalami perdarahan dan menjadi sariawan. Trauma ini sering terjadi bila Anda makan dengan berbicara atau sedang bercanda.

Namun munculnya sariawan juga bisa dijadikan tanda adanya infeksi virus seperti HFMD atau kondisi imun yang menurun seperti pada penderita HIV.

Perihal lidah yang memar akibat tergigit, maka Anda tidak perlu cemas berlebihan. Sebaiknya ketika tergigit, segera kompres dengan es batu untuk mengurangi perdarahannya. Namun besoknya Anda bisa kompres menggunakan air hangat untuk mengurangi memar dan bengkaknya.

Untuk proses penyembuhannya sendiri tergantung seberapa parah memarnya, namun rata-rata akan membaik dalam waktu 5-7 hari. Banyak minum air putih untuk mencegah timbulnya sariawan. Dan tetap rutin menggosok gigi, banyak makan sayur dan buah, dan sebisa mungkin hindari mengunyah pada sisi lidah yang tergigit untuk sementara waktu.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara Diet Air Putih yang Aman untuk Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Air Putih, Amankah?

Diet air putih adalah salah satu cara menurunkan berat badan dengan metode hanya mengonsumsi air putih, dan tidak mengonsumsi makanan maupun minuman lainnya, selama beberapa hari.