Lidah kebiruan kegigit dan sakit disertai tenggorokan gatel sakit

SR Info Penanya: SR, Pria, 2019 Tahun
selamat malam dok, saya ramos ingin bertanya, lidah saya sebelah kiri ada biru" nya tp kaya ke gigit gitu dan saya ngerasain sakit di lidah bawah nya. dan tenggorokan kalo gatel banget sakit apa ya dok? saya sudah 5 hari dok, tolong di bantu jawab ya dok.. terimakasih. salam, samuel ramos.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SR

Kondisi lidah membiru dapat terjadi akibat traum gigitan yang membuat gumpalan darah atau hematoma. Untuk menghilangkan hal ini sebaiknya anda hindari konsumsi makanan yang terlalu panas dan pedas, hindari alkohol dan rokok,  berkumur dengan antiseptik mulut yang tidak mengandung alkohol, menyikat gigi dan menjaga kebersihan mulut. Jika lesi lidah membiru tidak kunjung sembuh sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter gigi untuk tatalaksana yang lebih tepat karen lesi di lidah yang tidak kunjung sembuh dapat menjadi tanda tumor atau kanker lidah. 

Untuk nyeri tenggorokan biasanya disebabkan radang pada faring dan tonsil/amandel, penyakit ini disebabkan oleh virus dan bakteri. Untuk tatalaksana sebaiknya anda juga hindari makanan dingin, panas dan pedas serta perbanyak minum air putih, minum jus dan konsumsi multivitamin seperti vit c. Jika tidak membaik sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis THT untuk mendapatkan tatalaksana yang tepat termasuk antibiotik jika ada infeksi bakteri

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Demam rematik pada anak bisa terjadi ketika radang tenggorokan akibat infeksi bakteri Streptococcus tidak tertangani dengan baik

Jangan Sepelekan Infeksi Tenggorokan, Bisa Berujung Demam Rematik pada Anak

Demam rematik pada anak biasanya terjadi ketika si Kecil berusia 5-15 tahun. Penyebab demam rematik pada anak adalah bakteri Streptococcus yang berpindah dari saluran pernapasan ke katup jantung melalui peredaran darah.