Benjolan diatas lidah, apa penyebabnya?

SP Info Penanya: SP
Dok saya mau bertanya ttg lidah saya, di tengah2 lidah saya seperti ada lidah lagi gitu dok seperti benjolan tapi bentuknya tidak menonjol dan teksturnya seperti ada sesuatu , terasa mengganjal , setiap saya berbicara teman saya mengira saya sedang mengunyah sesuatu padahal di lidah saya hanya terdapat itu dok. Saya bertanya kepada orang tua saya katanya saya mempunyai lidah seperti itu ketika saya usia balita karena susu dengan suhu yang panas , tapi sudah sekitar 15tahun tak kunjung hilang dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SP,

Benjolan di lidah adalah gejala yang bisa timbul baik adanya benjolan besar, adanya benjolan kecil-kecil di area lidah, lidah yang tampak menebal dan lainnya. Benjolan ini bisa disebabkan beberapa penyebab seperti:

Selain itu bisa juga terjadi karena beberapa penyebab lain yang lebih ringan seperti misalnya adanya kelenjar air liur yang tersumbat atau adanya batu di kelenjar air liur.

Penanganan benjolan di lidah.

Jika keluhan benjolan di lidah terasa mengganggu, baiknya bisa diperiksakan pada dokter gigi spesialis penyakit mulut untuk mencari tahu apa penyebabnya. Nantinya dapat dilakukan pemeriksaan dan juga penanganan apakah benjolan tersebut perlu diangkat dan dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan biopsi jika diperlukan.

Untuk sementara tetap jaga kebersihan dan kesehatan lidah, gigi dan mulut dengan menyikat gigi minimal 2 kali sehar, berkumur dengan obat kumur ataupun membersihkan gigi dengan benang gigi, hindari makanan dan minuman yang bisa memicu  alergi, serta rutin memeriksakan gigi dan mulut pada dokter gigi setiap 6 bulan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berkonsultasilah dengan dokter jika Anda mengalami penyakit lidah yang disertai dengan demam.

Jaga Kesehatan Lidah dengan Waspadai Penyakit Lidah Berikut Ini

Penyakit lidah juga perlu diwaspadai, karena lidah yang nyeri akan membuat Anda kesulitan untuk makan dan minum. Kenali berbagai jenisnya, agar bisa mendapatkan penanganan yang sesuai.