21 Aug 2021, 11:51Kandungan

Apakah memberikan asi ekslusif pada bayi, efektif mencegah kehamilan ?

SH
Info Penanya: SH0
Halo dok.saya sempat berhubungan waktu umur anak saya yg baru lahir usia 41 hari.tetapi saya tidak memakai alat kontrasepsi.apakah saya bisa hamil dok?dan saya memberikan asi eksklusif pada bayi saya dok.tetima kasi dok
125 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, S.Berhubungan intim dimana wanita tidak memakai alat kontrasepsi, laki-laki tidak menggunakan kondom, dapat menyebabkan kehamilan. Kehamilan dapat terjadi saat wanita berhubungan intim tepat masa ovulasi, sel telur dalam keadaan siap, matang dan dibuahi oleh sperma dalam kondisi baik pula.

Apakah memberikan asi ekslusif pada bayi dapat mencegah kehamilan ?

Memberikan asi ekslusif pada bayi dapat mencegah kehamilan jika Anda belum haid sama sekali, tidak memberi susu formula sebagai tambahan, rutin menyusui dan memompa ASI. Namun jika sudah menstruasi setelah melahirkan dan tidak sepenuhnya memberikan ASI, berhubungan intim tidak memakai alat kontrasepsi saat anak usia 41 hari bisa menyebabkan Anda hamil.Jadi jika Anda mengalami telat haid dan diikuti beberapa keluhan seperti flek kecoklatan, keram ringan pada perut, nyeri payuadra, mood tidak stabil, frekuensi BAK meningkat, mual dan muntah terutama ketika pagi hari, maka lakukan test pack dan konsultasi ke dokter kandungan.Sebaiknya gunakan alat kontrasepsi yang tidak menganggu proses menyusui dan produksi ASI seperti IUD. Sehingga Anda dapat berhubungan intim dengan nyaman dan tidak takut akan terjadinya kehamilan. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil