Lesi cacar sudah kering namun masih merasakan nyeri, gatal dan ditusuk-tusuk

MH Info Penanya: MH, Pria
Dok aq mau nanya...aq kena cacar...di bagian belakang tekia dan dada...sebelah kanan...aq lihat uda kering...tpi ms berbekas merah....yg mau aq tanya kan...rasa nyeri gatal dan di tusuk2 masi ada gimana cara ngobati nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MH,

Cacar air adalah penyakit yang ditandai dengan lesi berupa gelembung-gelembung air yang menyebar ke seluruh tubuh. Sedangkan lesi yang menyerupai cacar air namun lokasinya hanya terbatas di area tertentu, seringkali bergerombol dan membentuk alur serta hanya menyerang di satu sisi tubuh saja, menimbulkan rasa gatal, nyeri seperti ditusuk-tusuk sering disebut dengan Herpes Zoster.

Hal lainnya yang membedakan cacar air dengan herpes zoster adalah dari segi masa penyembuhannya, dimana pada cacar air akan sembuh dalam waktu 1 minggu, sedangkan pada herpes zoster akan sembuh dalam waktu 3-5 minggu, namun kadang gejala sisa seperti nyeri ini dapat menetap selama bertahun-tahun. Gejala sisa pada herpes zoster ini disebabkan karena virus menyerang sistem saraf, dalam bahasa kedokteran disebut neuralgia postherpetik.

Gejala khas neuralgia postherpetic adalah rasa terbakar, panas atau ditusuk-tusuk di lokasi munculnya gelembung- gelembung air saat awal sakit. Selain itu penderita akan lebih sensitif terhadap sentuhan di lokasi nyeri.

Untuk mengurangi keluhan nyeri pada lokasi nyeri dapat dilakukan kompres air hangat, dan sebisa mungkin hindari menggaruk bekas lesi.
Bila nyeri yang dirasakan sangat mengganggu, sebaiknya periksakan diri anda ke dokter atau Rumah Sakit untuk konsultasi lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Virus HSV-1 atau virus herpes oral dapat ditularkan melalui ciuman atau berbagi lipstik

Bagaimana Infeksi Virus Herpes Simplex Bisa Terjadi?

Virus herpes simplex atau HSV memiliki dua jenis, yaitu herpes oral (HSV-1) dan herpes genital (HSV-2). Luka virus simplex biasanya menimbulkan lepuhan atau luka berisi cairan di sekitar mulut atau alat kelamin.