Lepas suntik KB, setelah haid keluar flek dan nyeri perut bawah. Kenapa ya penyebabnya?

F Info Penanya: F, Wanita, 26 Tahun
dok , saya ini kan suntik KB 1 bulan tp sya sudah melepasnya 3 bln yg lalu trus saya sebulan tidak haid dan saya haid di tgl 1 agustus , dan seminggu stelah haid saya flek dan perut bagian bawah terasa sakit ,, ketikan perut bagian bawah sakit selalu kluar flek cokelat .. itu kenapa ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, F

Terima kasih atas pertanyaannya.

Setelah berhenti menggunakan KB suntik memang pada beberapa wanita mens akan datang terlambat karena tubuh kita akan adaptasi kembali sampai dengan hormon kembali seimbang. Flek setelah menstruasi selesai juga sesuatu yang umum terjadi bisa karena terjadi pembuahan atau karena masih ada darah sisa haid yang belum dikeluarkan rahim. Pada kondisi anda kemungkinan karena ada darah sisa haid yang belum keluar sehingga rahim melakukan kontraksi.

Untuk saat ini anda tidak perlu khawatir dan cukup memantau bila hal yang sama terjadi kembali bulan ini. Bila anda ragu bisa konsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Berikut artikel yang dapat anda baca :

5 Kondisi Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah pada Wanita

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.