14 May 2021, 22:00Kandungan

Apakah pemeriksaan test pack samar tanda kehamilan ?

SE
Info Penanya: SE0
Dok mau tanya saya kan ikut kb yg pil sudah 1 tahun lebih dan berhenti 8 bulan yang lalu setelah lepas pil kb selama 6 bulan haid saya gak teratur dok cuman 2 bulan sekali setelah 6 bulan dan 2 bulan terakhir haid saya sudah lancar tiap bulan nya selalu haid tapi untuk bulan sekarang belum haid dok dan kemaren saya tespek garis 1 tpi tadi saya iseng buka tespek yang saya gunakan kemaren ada garis kedua samar gitu dok Apakah kemungkinan saya bisa hamil dok?
438 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, S.Kemungkinan hamil menjadi lebih besar saat wanita tidak menggunakan KB dan berhubungan seksual dimana pria tanpa menggunakan pengaman pula berupa kondom. Kehamilan dapat terjadi ketika sperma masuk tepat saat masa subur wanita. 

Apakah stop minum pil KB bisa hamil ?

Kehamilan dapat dicegah saat perempuan rutin konsumsi pil KB. Saat berhenti minum pil KB, maka tidak ada yang menghambat ovulasi kembali, sehingga perempuan bisa hamil ditandai dengan tidak datang bulan. Selain karena sebuah kehamilan, telat datang bulan yang Anda alami dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut seperti :
  • Sedang stress dan kelelahan menghadapi pekerjaan serta rumah tangga.
  • Memiliki berat badan obesitas.
  • Efek KB yang masih berlangsung menganggu siklus haid.
  • Adanya sumbatan pada saluran tuba.
  • Penyakit PCOS, hipotiroid atau hipertiroid.

Bagaimana memastikan apakah telat haid karena efek lepas KB atau kehamilan ?

Cara untuk memastikan apakah Anda telat haid karena efek lepas KB atau kehamilan dengan melakukan pemeriksaan test pack di pagi hari. Test pack diulang kembali jika hasil masih samar. Selain pemeriksaan test pack, Anda juga dapat melakukan USG untuk hasil yang lebih akurat di dokter spesialis kandungan.Jaga kesehatan dengan istirahat yang cukup, hindari mengangkat beban berat, hindari stress, konsumsi makanan bergizi, lakukan olahraga yang rutin agar tubuh fit, terhindar dari berbagai penyakit dan hormon stabil.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari. 
tes kehamilancara menggunakan test packusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil