Lepas KB suntik langsung menstruasi tapi sudah hampir 2 minggu belum selesai kenapa ya dok?

IS Info Penanya: IS, Wanita, 2019 Tahun
Dok Saya habis melahirkan terus saya di kb suntik satu bulan di lepas langsung mentruasi tapi sudah seminggu lebih mau 2 minggu belum juga selesai kenapa dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, IS

Terima kasih atas pertanyaannya.

Setelah menghentikan KB suntik memang biasa menimbulkan perubahan sementara pada siklus haid. Akibat fenomena rebound setelah efek hormon pada KB suntik berkurang, tubuh akan adaptasi kembali untuk mencapai keseimbangan. Biasanya hanya berlangsung 1-2 siklus jadi tidak perlu khawatir ada gangguan jangka panjang. Apa saja gangguan menstruasi yang bisa timbul setelah berhenti menggunakan KB hormonal? Bisa haid datang terlalu cepat atau telat, jumlah haid juga bisa banyak atau sedikit dibanding biasanya.

Bila disertai keluhan lain seperti mules, kram, mual atau muntah, sebaiknya dilakukan pemeriksaan langsung dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk mendapat penatalaksanaan yang sesuai. Saya lampirkan juga artikel mengenai cara menghentikan haid.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebagian pasangan melakukan program hamil agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya

Ingin Merencanakan Program Hamil yang Sukses? Ikuti Tips Ini

Mendapatkan anak merupakan salah satu keinginan terbesar bagi setiap pasangan. Sebagian pasangan bahkan melakukan program hamil khusus agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar program kehamilan berjalan sukses.