Lepas KB Suntik 3 bulan apakah haid masih tidak teratur?

PW Info Penanya: PW
Selamat pagi dok . Saya mau tanya .. saya kan kb 3bula. Akhr april saya lepas dan ga pake lgi. Tpi alhmdulilah langsung haid pling 4hari.. lah awalnya haid normal .ak emng biasa kalo haid ga terlalu bnyak bgt . Aku haid setiap tgl pertengahan.tgl 14 juni kemaren ak gak tau itu haid apa bercak darah hamil krna cuma dikit banget dok dan pling 2 hari lahh tgl 14juli skrng ak ga haid .. tpi hari ini al ada keluar darah lagi cuma iya itu dikit bgt wrnanya ga merah kaya biasanya .tpi coklat
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi PW,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

KB suntik merupakan salah satu metode kontrasepsi yang dapat dan sering digunakan. KB suntik di Indonesia dibagi menjadi KB Suntik 3 bulan dan KB suntik 1 bulan. KB suntik merupakan KB yang mengandung hormonal sehingga memiliki efek samping seperti :

  • Gangguan menstruasi yang bisa tidak datang sama sekali atau bahkan perdarahan di luar siklus menstruasi
  • Berat badan menjadi naik
  • Berjerawat
  • Sakit kepala
  • Nyeri payudara
  • Perubahan mood
  • Berisiko osteoporosis
  • dll

Namun tentunya efek samping ini tidak selalu muncul pada setiap wanita. Berdasarkan keterangan Anda setelah lepas KB Suntik, memang membutuhkan waktu hingga 6 bulan sampai 1 tahun untuk kembali ke siklus menstruasi normal. Hal ini termasuk wajar karena efek suntik KB di dalam tubuh belum habis. Namun jika keluhan tersebut dirasakan sangat menganggu, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter kandungan.

Untuk membantu Anda segera kembali ke siklus normal, konsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah, perbanyak minum air putih minimal 2 liter / hari, olahraga teratur minimal 3-4 kali / minggu dan istirahat cukup minimal 6-8 jam / hari, terapkan pola hidup sehat hindari rokok dan alkohol.

Ssemoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Siklus Menstruasi yang Normal dan Membedakannya dengan yang Tidak Normal

Mengetahui siklus menstruasi tidak cuma membantu merencanakan kehamilan, tapi juga mengantisipasi gangguan kesehatan. Siklus menstruasi normal itu seperti apa?