Lepas KB kapan kembali subur?

RC Info Penanya: RC, Wanita, 20 Tahun
Dok mau tanya kan saya sudah lepas kb 3 bln sekali waktu 21 juli. Nah sampai sekarang kok belum bisa haid ya ? Saya takut klo hamiil lagi. Tapj selepas saya kb 21 juli berhubungan bdan cuma sesekali aja.. Kemungkinan ngk kalo saya hamil lagi ? Tolong penjelasannya dokk.. Saya takut soalnya saya jga nggk ada gejala mual2 gk kerasa kram juga di perutt .. Tapi cuma kliyengan aja.. Mohon sarannya dokk.. Trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi R,

KB yang dihentikan seringkali tidak akan langsung kembali subur, diperlukan waktu beberapa bulan agar siklus haidnya kembali lancar, karena tubuh memerlukan waktu penyesuaian. Terlebih bila KB yang Anda gunakan adalah KB yang 3 bulan sekali tentunya kandungan hormonnya lebih banyak, dan salah satu efek samping KB bila dihentikan adalah siklus haid jadi terlambat atau tidak beraturan.

Namun bukan berarti tidak mungkin terjadi kehamilan, karena bila KB sudah dihentikan dan Anda berhubungan seksual di masa subur tanpa menggunakan kondom maka masih bisa terjadi kehamilan meski hanya sekali melakukan hubungan seksual. Sehingga untuk memastikan Anda sedang hamil atau tidak perlu dilakukan tes pack bila sudah 1 minggu terlambat haid dari jadwal yang seharusnya.

Namun selain kehamilan, terlambat haid bisa disebabkan oleh:

  • Kelelahan.
  • Stres atau sedang banyak pikiran.
  • Perubahan berat badan. Seringkali ketika wanita menjalani diet ketat dengan membatasi asupan makanan secara berlebihan maka akan terjadi gangguan siklus haid.
  • Sering bergadang.

Lakukan pola hidup sehat dan jangan stres agar siklus haid Anda kembali lancar bila tes pack nantinya memang negatif. Namun bila dalam 3 bulan tetap tidak haid, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan penyebab pastinya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu posisi seks terbaik saat hamil adalah wanita di atas

6 Posisi Seks Terbaik Saat Hamil

Berhubungan seks saat hamil relatif aman untuk dilakukan oleh pasangan. Posisi seperti wanita di atas dan spooning direkomendasikan karena memberikan kenyamanan pada ibu hamil.