Lepas KB testpack positif padahal belum haid, apakah bisa hamil ?

SN Info Penanya: SN
Dok..... sebelum y sy suntik KB yg 1 bln dan ga haid,trs bln puasa kmrn sy tidak suntik,tp ttp tidak haid,kmrn perut sy merasa mual sy tespek ternyata garis dua.emang bs hamil dok meski blm haid.trmksh atas jawabannya dok....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SR.

Pelepasan KB dapat masih memberikan efek samping tertentu khususnya pada KB jenis hormonal. Pasalnya pada KB tersebut, dapat memberikan efek samping pada hormon pengatur siklus haid yang berdampak pada gangguan haid. Salah satunya adalah keadaan tidak haid. Umumnya keadaan tidak haid terjadi karena salah satu mekanisme kerja dari KB hormonal adalah menekan ovulasi, dimana ovulasi adalah pengeluaran sel telur yang jika tidak dibuahi akan luruh menjadi darah haid. Namun keadaan ini dapat berbeda pada setiap wanita yang menggunakan KB tersebut. Keadaan ovulasi tetap dapat terjadi pada sebagian wanita.

Sedangkan keadaan test pack yang positif umumnya menandakan keberadaan hormon kehamilan (human chorionic gonadotropin/hCG) yang kadarnya signifikan. Dengan kata lain, mengindikasikan kehamilan, baik kehamilan yang normal maupun yang mengalami gangguan seperti kehamilan ketopik.

Mengenai pertanyaan Anda tentang kemungkinan kehamilan kendati belum haid, mungkin saja terjadi ketika adanya masa ovulasi dimana sel telur yang umumnya luruh menjadi darah haid tersebut, berhasil dibuahi oleh sperma. Pada saat Anda tidak melanjutkan suntik KB, peluang untuk segera kembali subur umumnya bergantung pada kondisi alat reproduksi setiap wanita yang dapat berbeda-beda. Jika pada Anda dapat kembali subur dengan segera maka saat berhubungan dimasa tidak menggunakan KB bisa saja terjadi kehamilan sebelum sempat terjadinya haid.

Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter Kandungan.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan tanda hamil dan keputihan haid bisa dibedakan berdasarkan volume, waktu kemunculan, tekstur, dan warnanya. Keputihan yang merupakan tanda hamil juga biasanya akan disertai gejala lain seperti mual dan kram perut.