15 Jun 2020, 08:24Kandungan

Tidak KB, tidak berhubungan intim, tapi kok tidak haid?

AN*
Info Penanya: AN*, Wanita, 30 Tahun
Dok saya mau tanya.. Saya lepas KB suntik 3 bulan dan tidak berhubungan intim. Karena suami tidak ada.. Tapi kenapa sudah 4 bln tidak haid??
29770 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, NMTerima kasih atas pertanyaan Anda.Suntik KB merupakan salah satu contoh alat kontrasepsi hormonal yang sering digunakan selain pil KB. Bila dilakukan secara rutin dan sesuai jadwal efektivitas dari kontrasepsi ini sangat baik, yaitu mencapai 99% dapat menunda kehamilan. Terdapat banyak manfaat dari suntik KB seperti, dapat bertahan lama (8-13 minggu), tidak perlu menghitung masa subur dan mengonsumsi pil KB sebelum melakukan hubungan seksual, tidak bereaksi terhadap obat lain, dan lain sebagainya. Selain manfaat, juga terdapat kekurangan dari suntik KB.

Adapun kekurangan dari suntik KB adalah:

  • Siklus haid menjadi tidak teratur (bahkan bisa tidak haid sama sekali)
  • Muncul jerawat
  • Rasa tidak nyaman pada perut, pada payudara juga sakit kepala
  • Nafsu makan meningkat
  • Naiknya berat badan
  • Nyeri dan iritasi pada area suntikan
  • Jika ingin hamil, membutuhkan waktu yang lebih lama
Amenorea adalah suatu kondisi dimana seorang wanita tidak mendapatkan siklus menstruasi selama 90 hari (3 bulan) berturut-turut. Selain karena kehamilan, beberapa hal yang dapat menyebabkan amenorea adalah efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi (terutama yang bersifat hormonal), adanya masalah hormonal, adanya masalah pada organ reproduksi wanita, stres, kelelahan, berat badan yang tidak ideal (terlalu gemuk atau bahkan terlalu kurus), dan lain sebagainya.Untuk keluhan yang Anda rasakan, bisa disebabkan oleh efek samping penggunaan kontrasepsi suntik, atau dari salah satu penyebab di atas. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi, hindari stres dan kelelahan, lakukan olahraga rutin, dan cukupi kebutuhan cairan harian Anda.Jika haid masih belum juga datang, sebaiknya segera periksakan ke dokter sepsialis kandungan terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
siklus haidhaidmenstruasipenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil