Lepas KB implan apa bisa cepat hamil

SM Info Penanya: SM, Wanita, 22 Tahun
Dok saya mau tanya.. kan saya abis lahiran anak pertama langsung pasang implan selama 3 thun saya ga prnh skli pun dtng haid dok.. pas udah wktu nya lepas implan syaa psng implan lagi dok yg 3 thun.. tpi yg k2 psng implan ni baru 1 thun dok ..belum wktu nya lepas saya di minta suami saya lepas implan dok karena suami saya pengen bnget sya cepat hamil.. abis lepas implan yg k.2 ni smpai ini ga dtng haid dok.. apa sya bisa cepat hamil dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SM,

KB implan atau KB susuk merupakan salah satu metode kontrasepsi yang banyak digunakan dimana metode ini memiliki kelebihan seperti memberikan perlindungan yang efektif dalam jangka waktu lama, sekali pasang bisa untuk 3 tahun, tidak perlu dikonsumsi tiap hari, dan tidak mengganggu penampilan ataupun hubungan seksual. 

Meskipun begitu KB implan juga memiliki kekurangan seperti diantaranya adalah harus dipasang dan dilepas oleh tenaga medis, membuat siklus menstruasi tidak lancar atau berhenti sama sekali, dapat membuat berat badan meningkat, perdarahan abnormal dan lainnya.

Untuk bisa hamil sendiri setelah implan dilepas perlu waktu beberapa saat agar kesuburan kembali dan mengembalikan keseimbangan hormon setelahnya sehingga pada beberapa waktu keluhan tidak haid masih bisa timbul. Jika masih belum juga haid periksakan diri pada dokter ahli kandungan agar diketahui penyebabnya dimana jika belum haid dapat menandakan proses pematangan sel telur belum terjadi atau bahkan sudah terjadi kehamilan.

Baca juga artikel kami mengenai cara cepat hamil. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

semoga bermanfaat.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebagian pasangan melakukan program hamil agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya

Ingin Merencanakan Program Hamil yang Sukses? Ikuti Tips Ini

Mendapatkan anak merupakan salah satu keinginan terbesar bagi setiap pasangan. Sebagian pasangan bahkan melakukan program hamil khusus agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar program kehamilan berjalan sukses.