22 Sep 2020, 10:35Kandungan

Lepas suntik KB 3 bulan, mengapa haid tidak lancar?

M
Info Penanya: M, Wanita, 1 Tahun
Dok,saya mau tanya ,bln juli itu jtuh tempo saya suntik kb 3bln ,tapi saya sengaja gak suntik lg dok, dan yg biasanya ps msh progam suntik 3bln saya masih bisa haid wlpun gk teratur.tp ini saya blm haid sma sekali dok. Bln agustus saya tespek hal msh negatif.dan smpe skrng blm haid jg cm kdang2 klwr flek2 darah itupun cm sehari ,, pdhl masa haid saya itu banyak bnget dan biasanya 7hr lamanya..dan area payudara sakit dok tp bkn nyeri. Apa itu jg bisa tanda2 hamil y dok ?tp kok gk ada mual2
1213 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, MTerima kasih atas pertanyaan AndaSuntik KB adalah salah satu alat kontrasepsi hormonal yang umum digunakan untuk menunda kehamilan. Teradpat 2 jenis suntik KB, dimana perbedaan kedua jenis tersbut adalah kandungan hormon di dalamnya. Suntik KB terbilang cukup efektif dalam mencegah kehamilan, yaitu mencapai 99% bila dilakukan secara rutin dan terjadwal. Sehingga, semakin tidak rutin, maka semakin besar peluang terjadinya kehamilan.Normalnya, siklus haid wanita adalah 21 - 35 hari, rata-rata wanita besiklus 28 hari. Sedangkan secara normal, proses lamanya masa haid terjadi selama 3- 7 hari. 

Sikus haid tidak teratur bisa disebabkan oleh beberapa kondisi medis tertentu seperti:

  • Kondisi emosi yang tidak stabil (stres, kecemasan)
  • Perubahan berat badan mendadak
  • Berat badan tidak ideal
  • Efek samping dari penggunaan KB
  • Adanya kondisi medis terkait dengan organ reproduksi
  • Terjadi gangguan hormon. 
Terkait dengan keluhan Anda, siklus haid yang tidak teratur bisa karena beberapa kondisi yang telah disebutkan. Termasuk karena efek samping dari penggunaan KB, walaupun saat ini Anda sudah lepas KB suntik, tubuh perlu melakukan penyesuaian teradap hormon-hormon reproduksi wanita. Tanda pasti kehamilan adalah hasil tes pack kehamilan, hasil USG kehamilan dan hasil permeriksaan fisik diagnostik oleh dokter spesialis kandungan. Untuk itu, lakukanlah konsulatasi ke dokter spesialis kandungan terdekat agar Anda tahu penyebab pastinya dan juga mendapakan alat kontrasepsi yang sesuai bagi Anda.

Tips menjaga siklus haid lancar:

Sermoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhaidmenstruasipenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil