Suntik KB, apakah kelebihan dan kekurangannya?

UL Info Penanya: UL, Wanita, 23 Tahun
Dok saya sudah lepas KB suntik 3bulan dari satu bulan lalu, semenjak KB 3bulan itu saya tidak pernah haid selama 2thn lebih .. Nah skrng Setelah saya lepas KB pun saya blm haid tapi saya sudah berhubungan dngn suami. Apa saya bisa hamil? Trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, U

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Suntik KB merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi yang kerap kali digunakan bagi pasangan suami istri. Hal ini dikarenakan suntik KB sangat efektif menunda kehamilan dengan efektifitasnya yang mencapai 99%, jika dilakukan secara rutin dan terjadwal. Namun, bila sering terlambat melakukan suntik KB, semakin besar peluang untuk terjadinya kehamilan.

Beberapa kelebihan dari suntik KB selain efektif yaitu tidak perlu menghitung masa subur serta menggunakan alat kontrasepsi lain ketika hendak melakukan hubungan seksual, tidak perlu mengonsumsi pil KB setiap hari, tidak bereaksi jika mengonsumsi obat lain, mengurangi nyeri haid, relatif aman bagi ibu menyusui dan lain sebagainya. Selain beberapa kelebihan tersebut, suntik KB juga memiliki kekurangan. 

Adapun kekurangan dari suntik KB adalah:

  • Tidak bisa melindungi dari penyakit menular seksual
  • Siklus haid menjadi tidak lancar atau berhenti
  • Membutuhkan waktu yang relatif lebih lama jika ingin terjadi kehamilan kembali
  • Nyeri pada payudara, perut, pusing
  • Munculnya jerawat
  • Nafsu makan meningkat, bertambahnya berat badan

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, keluhan yang Anda rasakan bisa diakrenakan efek samping dari suntik KB. Jika Anda menginginkan kehamilan, perlu dipastikan bahwa siklus haid Anda lancar kembali terlebih dahulu, sehingga Anda dapat menentukan kapan masa subur Anda dan melakukan hubungan seksual saat sedan masa subur.

Untuk itu, disarankan agar melakukan pemeriksana ke dokter sepsialis kandungan terdekat agar dapat mengikuti program hamil. Tetaplah mengonsumsi makanan yang sehat serta bergizi, hindarilah stres, istirahatlah dengan cukup, dan lakukan olahraga ringan agar badan tetap sehat dan bugar.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seks tanpa penetrasi tetap memungkinkan seorang wanita untuk hamil

Mengungkap 10 Mitos dan Fakta Mengenai Seks dan Kehamilan

Mitos dan fakta mengenai seks dan kehamilan mungkin masih jadi misteri bagi banyak orang. Tidak semua anggapan yang kerap Anda dengar itu benar. Anda mesti tahu mana yang termasuk mitos dan mana yang benar-benar fakta, supaya bisa terhindar dari kehamilan yang tidak direncanakan.