Lepas kb 1 bulan, sampai skrg blm haid, karena apa ?

MH Info Penanya: MH
Assalamualaikum dok,sy mau tanya,bulan juni tgl 16 saya kb suntik yg 1 bulan,d bulan juli tgl 16 sy belum kb si karenakan tgl 17 sy haid,dn belum mengulang kb.sy haid berkisar dri tgl 17-tgl 28 d bulan juli.dn di bulan agustus sy belum mendapat haid sampai skrg.tapi setelah d tespack ternyata negatif.kira2 knp y doj
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Waalaikumusalam MH.

KB suntik merupakan salah satu metode kontrasepsi hormonan yang prosedur penggunaannya dilakukan dengan penyuntikan pada area tubuh tertentu wanita. Terdapat dua periode waktu penyuntikan yaitu satu dan tiga bulan. Karena tidak harus digunakan setiap harinya, KB suntik dianggap lebih praktis. Kendati demikian, KB suntik tidak luput dari efek samping seperti halnya jenis KB lain.

Adapun berbagai efek samping KB suntik yang meliputi :

  • siklus haid tidak teratur atau berhenti sama sekali
  • peningkatan berat badan yang tidak terkendali
  • muncul gejala-gejala berupa nyeri payudara, nyeri kepala, perut kembung hingga gangguan suasana hati 
  • memicu penurunan kepadatan tulang saat penggunaannya
  • tidak melindungi dari penyakit infeksi menular seksual
  • dapat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk subur dan hamil kembali pasca berhenti KB suntik 

Mengenai keluhan belum haid setelah lepas KB suntik pada Anda merupakan salah satu efek samping yang paling sering dialami oleh pengguna KB suntik. Hal ini terjadi karena KB suntik memicu ketidakseimbangan hormon sebagai konsekuensi dari proses penekanan peluang kehamilan. Jika Anda khawatir akan kehamilan, Anda dapat melakukan test pack ulang satu minggu kemudian agar lebih akurat.

Sementara untuk membantu mengatasi keluhan gangguan haid yang dialami, Anda dapat mengonsumsi air rebusan jahe dan kunyit yang diberi bubuk kayu manis. Jika dalam tiga bulan kedepan tidak kunjung mengalami haid namun test pack tetap negatif, periksakanlah ke dokter Kandungan. Selama masa transisi, apabila memang hendak menunda kehamilan dan belum memutuskan untuk menggunakan KB jenis lainnya, ada baiknya menggunakan kontrasepsi sementara seperti kondom.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda hamil kosong

Kenali Tanda-tanda Hamil Kosong yang Pernah Dialami Sandra Dewi

Hamil kosong terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi tidak membelah dan membentuk embrio. Kondisi ini disebabkan oleh kelainan kromosom, yang terjadi saat pembuahan sel telur.