Lepas implan langsung berhubungan intim apa bisa hamil?

NA Info Penanya: NA, Wanita, 1 Tahun
Saya lepas KB implant dlm keadaan menstruasi hari 6..dihari itu setelah lepas implant sy lgsg berhubungan intim apakah bisa hamil????
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NA,

Implan adalah salah satu metode kontrasepsi yang bisa dipilih bila seseorang belum siap memiliki anak. Namun KB jenis ini jarang diminati karena menimbulkan rasa nyeri saat pemasangan dan pelepasannya nanti.

Di dalam implan ini terkandung hormon, sehingga bila implan dilepas, maka tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi, sehingga tidak serta merta akan langsung hamil. Terlebih kondisi Anda sedang haid saat berhubungan seksual. Bila seseorang sedang haid dan melakukan hubungan seksual, maka tidak mungkin terjadi kehamilan, karena tidak ada sel telur yang bisa dibuahi sperma.

Bila Anda ingin segera hamil maka lakukan tips berikut ini:

  • Lakukan hubungan seksual di masa subur Anda. Tentunya Anda perlu melakukan pencatatan kapan Anda haid setiap bulannya. Bila Anda memiliki siklus haid setiap 28 hari sekali, maka sebagai contoh bila Anda haid dari tanggal 1-5 Agustus, maka perkiraan masa suburnya ada di tanggal 13-17 Agustus. Jadi Anda perlu berhubungan seksual di tanggal 13-17 Agustus untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan.
  • Banyak makan sayur dan buah, terutama kacang-kacangan seperti kacang hijau, taoge, kedelai, kacang merah, dll.
  • Usahakan berat badan ideal.
  • Jangan merokok.
  • Cukup tidur dan jangan bergadang.
  • Lakukan olahraga secara rutin.
  • Hindari stres.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila dalam jangka 1 tahun Anda tetap belum hamil, dan suami bisa periksa ke dokter andrologi untuk cek sperma.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Apa saja tanda-tanda kehamilan di usia 47 tahun

Tanda-Tanda Kehamilan di Usia 47 Tahun, Wajarkah Merasa Lebih Lelah?

Kabar kehamilan adalah hal yang membahagiakan, namun wajar saja Anda disertai rasa khawatir apabila muncul tanda-tanda kehamilan di usia 47 tahun. Secara medis, ketika seorang perempuan hamil pada usia di atas 35 tahun (kehamilan geriatri) risiko kehamilannya memang lebih tinggi.