Sakit gigi setelah lepas behel, apakah wajar?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 23 Tahun
selamat malam dok saya mau tanya ini apakah wajar saya barusan lepas behel setelah penggunaan 2thn tetapi setelah di lepas kenapa gigi saya sakit banget di ikuti telinga yang sakit sampai rahang tidak bisa membuka mulut
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IP.

Behel atau kawat gigi adalah alat yang digunakan untuk meratakan susunan gigi. Pemasangan behel harus dilakukan di dokter gigi dengan indikasi tertentu, dan selama penggunaan harus dilakukan kontrol secara rutin. Berapa lamanya seseorang menggunakan behel bervariasi, tergantung bentuk gigi dan rahang orang tersebut.

Nah, ketika seseorang telah selesai menggunakan behel, maka behel akan dilepas. Gigi dan rahang butuh waktu menyesuaikan dengan posisi yang barunya. Dan perlu diingat, walau behel sudah dilepas, ada beberapa hal yang tetap harus dilakukan untuk mencegah gigi kembali ke posisi semula.

Hal-hal yang sebaiknya dilakukan pasca lepas behel adalah:

  • Menggunakan alat yang disebut sebagai retainer, untuk mempertahankan posisi gigi yang baru
  • Menghindari dulu memutihkan gigi dengan proses tertentu
  • Menghindari makanan yang terlalu dingin atau panas
  • Menghindari permen karet
  • Mengonsumsi makanan sehat
  • Rutin menggosok gigi dan membersihkannya dengan benang gigi (dental floss)

Menjawab pertanyaan Anda, adalah wajar jika nyeri ringan dirasakan pasca lepas behel. Tetapi, jika nyeri berskala sedang sampai berat, sampai rahang dan telinga juga nyeri, kemungkinan ada masalah lainnya. Anda dapat berkonsultasi kembali kepada dokter gigi Anda untuk memastikan, dan mendapatkan penanganan yang sesuai.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Susunan anatomi gigi manusia

Mengenal Anatomi Gigi Manusia Beserta Fungsinya

Anatomi gigi manusia terdiri dari susunan yang terbentuk dari enamel, dentin, pulpa, mahkota gigi, leher gigi, dan akar gigi, dengan fungsi yang berbeda-beda.