lepas behel bayar tidak?

DP Info Penanya: DP, Pria
Dok kalo lepas behel bayar lagi nggak sih,,,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, DP

Terima kasih sudah bertanya di aplikasi SehatQ

Untuk pelepasan behel tentu di kenakan biaya kembali. Masing-masing dokter gigi dan di daerah yang berbeda memiliki tarif yang berbeda-beda. Untuk kisaran sekitar Rp. 600.000 - Rp. 1jutaan. Biaya tersebut biasanya sudah termasuk pembersihan karang gigi. Setelah pelepasan behel, harus merencanakan pemasangan retainer agar gigi tidak bergeser kembali. Gunakan retainer secara rutin minimal 6 bulan.

Perlu diketahui ada 2 macam retainer yaitu :

1. Transparant / removable (bisa dilepas pasang sendiri) : karena sering dilepas pasang maka retainer mudah hilang, penggunaannya harus telaten karena harus dibersihkan dan dipakai saat tidur malam, namun kebersihan gigi tetap baik karena tidak dipakai saat makan.

2. Fix retainer (tidak bisa dilepas pasang sendiri) : praktis karena tidak perlu dilepas pasang, akan tetapi perlu  pembersihan di sekitar retainer dan harus cermat karena biasanya banyak terdapat sisa makanan yang tersangkut disela-sela retainer dan akan menyebabkan karang gigi, oleh karena itu penggunaan retainer ini wajib kontrol ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi 6 bulan sekali.

Saya sarankan kunjungi dokter gigi Anda untuk mendiskusikan jenis retainer yang cocok untuk kebutuhan dan kebiasaan Anda sehari - hari.

Semoga bermanfaat penjelasan ini.

Salam sehat,

dr. Anugerah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Prosedur tambal gigi patah

Pertolongan Pertama dan Prosedur Tambal Gigi Patah yang Aman

Tambal gigi patah adalah salah satu prosedur yang dapat dilakukan untuk menangani gigi patah. Gigi yang patah biasanya terjadi saat berolahraga dan terjatuh.