Lensa kontak yang cocok dan direkomendasikan

S Info Penanya: S, Wanita, 46 Tahun
Siang, DokterSaya ingin menggunakan kontak lensa untuk satu hari (one day contact lens), mohon rekomendasi lensa seperti apa yang cocok untuk kondisi mata kering dari segi:1. Jenis material, karena dulu pernah pakai material polyhema dan tidak cocok.2. Kadar air minimal3. Apakah warna pada lensa dapat menyebabkan alergi?4. Apakah perlu pakai toric contact lens atau bisa dengan yang biasa?Mata kanan saya -5.00Mata kiri -4.00 dan silinder -0.75Dulu saya pernah periksa ke dr.mata dan katanya mata saya termasuk mata kering karena kadar air matanya di bawah normal. Terima kasih, Dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu S,

Sejalan dengan semakin majunya Tehnologi Kedokteran dalam Bidang Penyakit Mata maka untuk keperluan koreksi kelainan Refraksi Mata  (rabun jauh, rabun dekat, astigmatisma/silindris), mengoreksi kelainan akomodasi, tujuan pengobatan, dan estetika. Maka saat ini Kontak Lensa lebih banyak dijadikan pilihan dibandingkan dengan Kacamata.

Kontak Lensa adalah  suatu lensa plastik tipis seperti agar- agar, yang dipakai dengan cara ditempelkan pada kornea mata. Karena itu, maka disebut “lensa kontak”.

Sebelum menentukan pilihan untuk memakai Kontak Lensa, sebaiknya konsultasikan dulu dengan Dokter Spesialis Mata di RS terdekat atau di Rumah Sakit Khusus Mata yang umumnya memiliki Klinik Khusus untuk Konsultasi Kontak Lensa.

 

Jenis kontak Lensa yang saat ini  beredar di pasaran adalah :

  1. Lensa kontak keras (hard contact lens), adalah generasi pertama lensa kontak, bentuknya kaku,belum dilengkapi dengan teknologi pelumasan mata dan sirkulasi oksigen, sehingga saat ini sangat jarang sekali digunakan.
  2. Lensa kontak lunak (soft contact lens), teksturnya lebih tipis dan lebih lembut dibandingkan dengan RGP. Banyak dijual di pasaran dan lebih populer digunakan, karena terasa lebih nyaman dan adaptasinya lebih singkat.
  3. Lensa RGP (Rigid Gas Permeable). Kemampuan daya hantar oksigen, ketajaman penglihatan, dan tujuan koreksi astigmatisma/silindris, jenis RGP lebih baik daripada soft lens.

 

Berikut adalah hal penting yang harus diperhatikan pada pemakaian Kontak Lensa yaitu :

  • Selalu Konsultasikan lebih dahulu dengan Dokter Spesialis Mata
  • Ikuti petunjuk pemakaian Kontak Lensa dari Dokter atau Optician yang berpengalaman.
  • Pilihlah  kontak lensa sesuai kebutuhan. Jika  sebagai pengganti kacamata sebaiknya memiliki beberapa masa pakai di antaranya bulanan, per tiga bulan, atau per enam bulan. Yang penting  adalah taati masa kadaluarsa, ganti kontak lensa bila menyebabkan iritasi dan mata merah walaupun belum kadaluarsa dan pakai kontak lensa yang bening dan tidak  berwarna. Karena zat warna pada kontak lensa paling sering menyebabkan iritasi pada mata.
  • Sebaiknya tidak saling menukar atau memakai secara bersama – sama, kontak lensa dengan orang lain karena sangat rentan terhadap penularan penyakit mata.
  • Sesuaikan Diameter Kontak Lensa dengan anatomi mata, sedangkan kadar air kontak lensa dengan kebutuhan. Sebagai panduan sederhana, Lensa Kontak dengan kadar air < 50% baik untuk penggunaan singkat  yaitu 8 – 12 jam / hari. Sedangkan Lensa Kontak dengan kadar air >50% untuk penggunaan yang lebih lama yaitu 12 – 16 jam / hari. 
  • Cocokan dengan ukuran Kelainan Refraksi yang dimiliki, jangan memakai Kontak Lensa dengan ukuran lebih tinggi atau lebih rendah dari Resep yang diberikan oleh Dokter Spesialis Mata.
  • Selalu cuci tangan dengan bersih sebelum menyentuh dan memasang lensa kontak, bilas dan simpan kontak lensa dan wadahnya dengan cairan khusus pembersih.
  • Sebaiknya tidak menggunakan lensa kontak saat tidur dan saat berenang.
  • Tidak menggosok  mata saat kemasukan debu dan kotoran, sebaiknya segera lepas kontak lensa dan bilas dengan cairan pembersihnya.
  • Bila diperlukan saja, tetes mata dengan obat tetes mata khusus untuk kontak lensa bila mata terasa terlalu kering dan gatal saat menggunakan kontak lensa dalam waktu lama.
  • Periksakan mata ke Dokter  Spesialis Mata secara teratur (minimal setahun sekali).

Bila muncul  keluhan saat memakai lensa kontak, seperti mata merah, gatal, berair, pandangan menjadi kabur, bengkak, dll. Sebaiknya segera hentikan pemakaian lensa kontak dan hubungi Dokter Spesialis Mata terdekat.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mata silinder atau mata minus pada anak membuat penglihatan menjadi kabur dan buram sehingga anak harus memakai kacamata

Tidak Selalu Akibat Gaya Hidup, Ini Penyebab Anak Alami Mata Minus

Mata silinder atau mata minus pada anak bisa terjadi karena bawaan lahir dan tidak selalu karena gaya hidup