Keputihan berwarna coklat tidak berbau tidak gatal tidak ada flek

P Info Penanya: P
Selamat pagi . Kmrn saya haid tgl 24 Maret slsai tanggal 2 Maret . Waktu haid keluar darah banyak.Tapi stlh haid tidak pernh kluar flek namun ketika kencing ada lendir berwarna coklat dan tidak banyak . Saya tidak merasa gatal, tidak nyeri, tidak berbau. Apakah itu bahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore P,

Keputihan adalah mekanisme tubuh untuk membersihkan organ kewanitaan. Apabila terdapat flek coklat bisa merupakan adanya bercak darah yang bisa merupakan sisa haid, selain itu bisa juga dipicu oleh beragam penyebab lainnya seperti:

  • Gangguan hormonal
  • Efek samping KB
  • Adanya masalah di organ reproduksi seperti endometriosis, infeksi vagina, kista di rahim, ataupun masalah lain seperti tumor jinak atau mioma
  • Akibat hubungan seksual

Untuk itu jika tidak ada keluhan lain, bisa perhatikan saja dulu. Upayakan menjaga aktivitas harian dan terapkan pola hidup yang sehat. Jika flek perdarahan cukup deras dan berlangsung lebih dari 7 hari, maka ada baiknya untuk segera memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Kondisi ini bisa merupakan perdarahan menstruasi berlebih yang disebut dengan menorrhagia yang memerlukan penanganan dan dicari tahu penyebabnya, salah satunya lewat pemeriksaan seperti USG.

Upayakan menjaga kebersihan organ kewanitaan dengan menjaga agar tidak lembap, ganti pakaian dan pakaian dalam dengan teratur, keringkan setelah membasuh sehabis buang air kecil, perbanyak minum air putih dan tidak menahan buang air kecil. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wanita berkumis merupakan kondisi hirsutisme atau tumbuhnya rambut di bagian wajah dan tubuh tertentu

Meski Terlihat Manis, Wanita Berkumis Ternyata Pertanda Kondisi Medis Ini

Jadi wanita berkumis seringkali membuat kepercayaan diri menurun. Sebenarnya, apa penyebab wanita berkumis? Adakah cara menghilangkan kumis pada wanita? Ketahui lebih lanjut seputar kondisi wanita berkumis dan juga cara mengatasinya di sini.