01 Jan 2021, 18:27Pernapasan

Apa yang menyebabkan terbentuknya lendir di tenggorokan ?

DB
Info Penanya: DB0
Dok permisi, saya mau tanya udah 3 bulan ini tenggorokan saya terasa berlendir tapi puji tuhan gak batuk ataupun pilek...saya udah keluarin tapi muncul lagi dok, apalagi pas saya bangun tidu lendirnya kental sekali. Apa ini dapat menyebabkan cystyc fibrosis atau penyakit lainnya???
1151 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, D.Saluran nafas dimulai dari hidung yang masuk ke kerongkongan (esofagus) disalurkan menuju trakea, masuk ke bronkus, bronkiolus, dan alveolus yang terdapat di organ paru-paru. Namun ada kalanya seseorang tidak bernafas melalui hidung namun melalui mulut karena berbagai kondisi seperti sumbatan hidung akibat polip, trauma pada hidung, ataupun sedang mengalami batuk dan pilek.

Apa yang menyebabkan terbentuknya lendir di tenggorokan ?

Tubuh kita dirancang oleh Tuhan untuk mempersiapkan diri jika terjadi suatu infeksi, termasuk pada saluran nafas. Hidung memiliki rambut-rambut halus yang berguna untuk menyaring bakteri, virus, kuman, atau partikel asing yang masuk. Namun jika bakteri, virus, kuman, atau partikel asing berhasil masuk ke tenggorokan, maka tubuh akan menghasilkan lendir dapat berupa dahak kental yang membantu mengeluarkan partikel-partikel tersebut dengan cara batuk. Namun bisa saja produksi lendir ini tidak diikuti ransangan batuk. Produksi lendir yang terlalu banyak menyebabkan rasa gatal, dan tidak nyaman di tenggorokan.Selain untuk mencegah terjadinya infeksi, lendir di tenggorokan merupakan tanda sebuah penyakit seperti :
  • Kuman TBC yang mengendap di paru-paru.
  • Penyempitan saluran nafas bawah akibat serangan asma dan PPOK yang menghasilkan lendir dan dahak.
  • Reaksi alergi terhadap makanan, minuman, ataupun obat-obatan yang masuk.
  • Infeksi pada tonsil atau amandel yang sering diderita anak-anak.
  • Fibro cystic pada paru paru juga dapat memberikan gambaran tubuh mengeluarkan lendir yang banyak serta lengket. Fibro cystic ini dapat dilihat menggunakan pemeriksaan rontgen dada.

Cara mengatasi lendir di tenggorokan

Cara mengatasi lendir di tenggorokan antara lain :
  • Menghindari pencetus terjadinya alergi.
  • Minum air putih yang cukup.
  • Makan makanan bergizi seimbang termasuk sayur dan buah.
  • Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan madu dan jeruk.
  • Berendam dengan air hangat sebelum tidur.
  • Olahraga secara teratur.
Jika keluhan lendir di tenggorokan terasa semakin banyak, diikuti dengan kesulitan bernafas, nyeri di dada, batuk berkepanjangan, demam ringan dan keringat berlebih di malam hari, segera ke dokter spesilis paru tuntuk melakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
asmasesak napascystic fibrosis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil